Di Bali, 21 Negara CSIM Bahas Stabilitas Keamanan dan Perdamaian Dunia

  • 11 April 2016
  • 00:00 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 3803 Pengunjung
suaradewata.com

Badung, suaradewata.com - Puluhan tentara dari 21 negara kumpul yang tergabung dalam Conseil International du Sport Militaire Asia Meeting (CISM) ke 4 Tahun 2016 berkumpul di Kuta, Badung, Bali, Senin (11/4). 

CISM merupakan salah satu organisasi militer dunia yang bergerak di bidang kegiatan Sosial dan Olahraga yang berkedudukan di Brussel, Belgia dengan beranggotakan sebanyak 134 negara.

Pangdam IX Udayana Mayjen TNI Setyo Sularso menjelaskan,  CISM melaksanakan visinya yang utama untuk meningkatkan stabilitas keamanan dan perdamaian dunia melalui slogannya " Friendship through Sport" dan "Game For Peace".

Selain itu bagi TNI, CISM merupakan media untuk diplomasi terbuka, CISM merupakan bentuk baru Operasi TNI dalam OMSP untuk menciptakan kondisi damai.

"CISM menjadi media bagi TNI dalam berperan serta meningkatkan prestasi nasional di bidang Olahraga. Saat ini Indonesia telah menjadi pelopor di Kawasan Asia,"terangnya.

Imbuhnya,  CISM Asia Meeting memiliki nilai strategis bagi TNI dan bagi Indonesia berbagai manfaat dapat dipetik dari kegiatan tersebut diantaranya adalah sebagai media dipiomasi yang terbuka, sebagai media untuk mempererat hubungan diplomasi diantara negara-negara anggota dan sebagai media mempererat hubungan negara anggota dengan negara non anggota di kawasan Asia-Oceania. Indonesia telah menjadi anggota CISM sejak tanggal 14 April 2010, menjadi anggota ke 133.

"Keanggotaan Indonesia di CISM diharapkan untuk dapat memelopori gerakan perdamaian dan persahabatan negara-negara di kawasan Oceania melalui organisasi CISM,"terangnya.

Tambahnya, keaktifan Indonesia dalam berbagai kegiatan CISM telah membuktikan bahwa Indonesia diterima dan terbukti sangat eksis di organisasi negara-negara sedunia.ids


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER