Digagalkan, Penjualan 45 Penyu Langka ke Bali

  • 07 April 2016
  • 00:00 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 2810 Pengunjung
suaradewata.com

Denpasar,  suaradewata.comSekitar 45 penyu hijau dari Madura yang diduga akan dijual ke Karangasem,  Bali digagalkan Sat Polair Karangasem di perairan  Kubu, Kabupaten Karangasem pada Rabu (6/4) sekira pukul 19.00 Wita lalu. Puluhan penyu langka tersebut saat ditemukan petugas, dalam kondisi hidup, namun beberapa ekor telah dalam kondisi mati.

Kasusnya kini ditangani oleh Direktorat Pol Air Polda Bali yang menerima penyu tersebut di dermaga Serangan, pada Kamis (7/4) sekira pukul 15.30 Wita sore. Puluhan penyu ini tiba di dermaga dengan kawalan ketat petugas  bersenjata.

Direktur Pol Air Polda Bali, Kombes Pol Purwoko Yudianto mengatakan, bahwa puluhan penyu itu berhasil digagalkan untuk di jual ke Bali. 

Dia mengatakan, pihaknya bisa menangkap pelaku penyelundup penyu tersebut saat polisi sedang patroli di perairan Kubu. Saat itu terlihat ada kapal yang mencurigakan, kemudian polisi langsung menghentikan kapal tersebut. Dan ternyata benar kapal itu membawa satwa yang dilindungi.

"Sebelumnya memang sudah kita incar. Biasanya disana memang selalu dibuat jalur untuk menyelundupkan penyu," ungkapnya.

Dia menjelaskan, penyu hijau ini dibawa dari Madura, Jawa Timur yang akan di jual ke Karangasem. 

"Untuk prosesnya mereka mengambil penyu darimana itu masih kita dalami. Yang jelas penyu itu dibawa dari Madura menuju Karangasem, ini dibawa sejak tanggal 20 Mei lalu, " tukasnya.

Saat ini puluhan penyu itu dalam pemeriksaan tim dokter dari BKSDA. ids


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER