Cuaca Buruk, Pencuri Ikan Hias Berhasil Kabur

  • 23 Maret 2016
  • 00:00 WITA
  • Klungkung
  • Dibaca: 2722 Pengunjung
suaradewata.com

Klungkung, suaradewata.com– Aksi kejar-kejaran perahu UPT KKP Nusa Penida dengan perahu pencuri ikan mewarnai sidak yang dilakukan tim gabungan yang terdiri dari Polair, Camat, dan tokoh masyarakat di perairan Nusa Penida. Gelombang tinggi membuat pengejaran menjadi terhambat sehingga kapal pencuri ikan berhasil kabur.

Informasi dari masyarakat terkait maraknya pencurian ikan hias membuat tim gabungan terus melakukan patroli. “Bermula dari laporan masyarakat ada yang melihat perahu mencurigakan menuju perairan selatan Nusa Penida. Mendengar info tersebut kami langsung bergerak,’’ tutur Komang Karyawan, Kepala UPT KKP Nusa Penida, Rabu (22/3).

Pengejaran dilakukan bersama Pol Air, Camat dan tokoh masyarakat bergerak ke arah selatan perairan Nusa penida sekitar pukul 10 malam. Petugas empat melakukan aksi pengejaran namun pelaku keburu kabur. Karena memikirkan keselamatan petugas akibat tingginya gelombang dan cuaca yang tidak memungkinkan makan diputuskan untuk mengurungkan proses pengejaran. Karyawan sendiri mengatakan berterimakasih atas informasi warga yang telah melaporkan adanya pencurian ikan di wilayah KKP. Dikatakannya, untuk pengejaran kedepannya UPT KKP akan menyusun strategi untuk melakukan pengamanan di wilayah KKP.

Komang Karyawan menuturkan selain terhalang akibat cuaca buruk juga akibat kecepatan kapal yang tidak memadai. ”Malam hari tidak bisa maksimal penggrebekan disamping itu cuaca tidak bisa ditebak, hembusan angin dan gelombang tidak bersahabat. Kita putuskan balik demi keselamatan,” tegasnya.

Menurutnya selama Tahun 2016 ini sudah ada tiga kasus pencurian dan penangkapan ikan dengan racun atau dengan kompresor berhasil ditangkap. Diduga, pencuri ini mencari ikan hias yang ada di Manta Point KKP Nusa Penida. Jul


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER