Pendidikan Bela Negara Ugracena di SMA N 1 Marga Dibuka

  • 11 Maret 2016
  • 00:00 WITA
  • Nasional
  • Dibaca: 4559 Pengunjung
suaradewata.com/ist

Tabanan, suaradewata.com -Asisten I Sekda Tabanan I Wayan Yatnanadi membuka pendidikan pendahuluan bela Negara, Jumat (11/3) di SMA Negeri 1 Marga.

Hadir dalam kesempatan ini Komandan Kodim 1619, Ketua Korps Menwa Ugracena, anggota DPRD Tabanan, serta Para SKPD terkait. Dalam upacara tersebut, Asisten I,  I Wayan Yatnanadi melakukan pengecekan pasukan, bertindak sebagai inspektur upacara serta melakukan penyematan tanda peserta.

Bupati Tabanan dalam sambutan tertulis yang dibacakan I Wayan Yatnanadi  menyambut baik terselenggaranya pendidikan pendahuluan bela negara  ini sebagai bentuk upaya untuk meningkatkan  bela Negara dan rasa cinta terhadap tanah air khususnya di Kabupaten Tabanan. Dengan adanya pendidikan ini dinilai relevan terlebih program itu sangat sesuai dengan undang-undang menyatakan setiap warga negara berhak ikut dalam kegiatan bela negara.

"Dengan kemajuan teknologi  ancaman berupa intervensi kekuatan asing melalui ipoleksosbudhankam dan juga penyalahgunaan  narkoba serta penggunaan teknologi tidak pada tempatnya  dengan menyebarkan di media sosial  kebencian untuk memecah belah pesatuan bangsa, " ungkapnya.

Ketua Korps Menwa Ugracena Bali, Bagus Ngurah Rai menjelaskan, selain membina Menwa yang sudah tamat ataupun yang masih aktif, Korps Menwa Ugracena Bali juga memberikan pendidikan bela negara kepada siswa-siswi pendidikan anak usia dini (PAUD) sampai SMA/SMK.

Pihaknya juga meminta bantuan untuk menyebarluaskan kepada seluruh masyarakat mengenai semangat bela negera karena anak-anak muda sekarang sangat berbeda dengan yang dahulu.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA N 1 Marga , Wayan Kantun Arimbawa  berharap nantinya dengan pendidikan ini memiliki kepedulian terhadap perkembangan generasi muda di sekolah ini secara khusus dalam pembinaan bela Negara dan rasa cinta tanah air sejak dini.

"siswa dan siswi  setelah mendapatkan pendidikan ini diharapkan bisa mandiri, dan rasa nasionalismenya meningkat, walaupun jumlah peserta sedikit, namun diharapkan juga nantinya siswa-siswi peserta pendidikan bisa menularkan semangat nasionalisme kepada teman-teman yang lain," jelasnya.

Pendidikan Pendahuluan Bela Negara diselenggarakan SMA  Negeri 1 Marga bekerja sama dengan Korps Menwa Ugracena Bali, berlangsung selama dua hari. ina


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER