Bocah Tewas Terserang Rabies

  • 07 Maret 2016
  • 00:00 WITA
  • Klungkung
  • Dibaca: 5269 Pengunjung
suaradewata.com
Klungkung, suaradewata.com - Jero Seruli, ibu Anak Agung Gede Arimbawa tiada henti menangis meratapi putra sulungnya yang telah membujur kaku. Anak Agung Gede Arimbawa, bocah 9 tahun itu tewas setelah mendapatkan perawatan diruangan khusus Sal A RSUD Klungkung. Korban tewas setelah menunjukkan gejala Rabies dengan panas tinggi, kejang, takut pada air, dan sinar matahari.
 
Putra pertama dari pasangan Anak Agung Gede Putrawan dan Ni Wayan Suarniti atau Jero Seruli menghembuskan nafas terakhir pagi tadi setelah mengalami kejang pada tubuhnya. Sebelumnya korban mempunyai riwayat digigit anjing tetangganya pada dua minggu lalu diareal pekarang rumahnya dusun Koripan Tengah, kecamatan Banjarangkan, Klungkung. Karena takut dan lukanya tergolong ringan, korban tidak melapor kepada orang tuanya. Namun dua hari belakangan ini korban mendadak mengalami panas tinggi hingga dilarikan ke UGD RSUD Klungkung. “Sebelumnya keponakan saya tidak pernah cerita jika pernah digigit anjing,’’ terang Sang Ayu Rai bibi korban yang tiada hentinya meneteskan air mata.
 
Pada saat itu, korban sedang bermain dengan sejumlah temannya, namun tanpa disangka kaki kiri korban digigit anjing. “sampai sekarng anjing yang mengigitnya masih hidup kok,’’ bebernya.
 
Setelah mendapatkan informasi bocah positif gejala rabies, pihak Puskesmas Banjarangkan segera memberikan pertolongan berupa vaksin anti rabies ke sejumlah keluarganya untuk mengurangi penyebaran. Sedikitnya 13 keluarga yang notabene mengalami kontak langsung dengan korban disuntikkan vaksin anti rabies.
 
Menurut petugas Puskesmas Banjarangkan, Nyoman Arjana, Vansin yang diberikan ini bersifat menjaga dan mencegah penyebaran virus tersbut. Mengingat sebelumnya keluarga korban kemungkinan bersinggungan langsung terutama saat dilakukan perawatan. “kita antisipasi jika keluarga korban terkontaminasi melalui air liur atau luka cakaran mengingat korban juga mengamuk saat diberikan perawatan di RSUD,’’ tegasnya. Jul

TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER