Prosesi Keris Bendesa Sakti Puri Kediri, Awali Odalan d Pura Pekendungan

  • 20 Februari 2016
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 4201 Pengunjung
suaradewata.com

Tabanan, suaradewata.com – Prosesi mengusungKeris Bendesa Sakti yang disimpan di Puri Kediri yang disebut upacara pengrebeganmengawali Piodalan di Pura Luhur Pekendungan yang berada di kawasan Daya Tarik Wisaa (DTW) Tanah Lot, bertepata dengan Hari Raya Kuningan, Sabtu (21/2).Piodalan tersebutakan berlangsung atau nyejer selama 3 hari berturut-turut yaitu sampai hari Selasa tanggal 23 Pebruari 2016.

Meski piodalan mulai digelar pukul 14.00 wita namun pemedek yang melakukan persembahyangan sudah mulai sejak pukul 04.00 dini hari. Ribuan umat Hindu itu datang dari berbagai wilayah di Pulau Bali. Kepadatan pemedek mulai tampak terlihat  pukul 10.00 wita, dan puncaknya terjadi pada pukul 14.00 wita sampai malam hari.Bersamaan dengan piodalan di Pura Luhur Pakendungan, hari itu juga merupakan piodalan di Pura Batu Mejan yang lokasinya di areal Enjung Galuh yang berdekatan dengan Pura Batu Bolong dan juga piodalan di Pura Patok yang lokasinya berdekatan dengan Pura Luhur Pakendunganmasih di kawasan tersebut.

Banyaknya pemedek tersebut sudah diantisipasi oleh pihak Pecalang Desa Pekraman Berabanyang bekerja sama dengan divisi terkait di DTW Tanah Lot. Selain memasang rambu-rambu petunjuk khusus untuk pemedek mereka juga mengatur tempat parkir para pemedek. Mereka diarahkan parkir ke parkir umum di sebelah barat yang biasanya digunakan sebagai parkir bus. Selain itu parkir juga diarahkan ke pelaba Pura Luhur Pakendungan, dan lahan kosong tanah milik pribadi sebelah selatan parkir umum Daya Tarik Wisata Tanah Lot. ina


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER