Enam Paslon Kepala Daerah Dilantik Gubernur Bali

  • 17 Februari 2016
  • 00:00 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 4686 Pengunjung
suaradewata.com

Denpasarsuaradewata.com - Enam pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah di Bali hasil Pilkada serentak 9 Desember 2015 lalu, akhirnya dilantik oleh Gubernur Bali Made Mangku Pastika atas nama Presiden RI di Gedung Wiswa Sabha Utama Kantor Gubernur Bali, Rabu (17/2). Pelantikan serentak ini merupakan sejarah baru dalam tata kelola pemerintahan.

Gubernur Mangku Pastika, bahkan keistimewaan momen langka ini. Karena itu, mantan Kapolda Bali itu menaruh harapan kepada enam pasangan kepala daerah ini, baik dalam pembangunan di daerah masing-masing maupun dalam konteks pembangunan Bali secara umum.

Gubernur Mangku Pastika mengingatkan, UU Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah, pada intinya diarahkan untuk menata kembali otonomi pemerintahan daerah dalam kerangka NKRI.

Karena itu, kata dia, pelantikan Gubernur oleh Presiden dan pelantikan Bupati serta Walikota oleh Gubernur atas nama Presiden RI kali ini menyiratkan dengan tegas bahwa hakikat otonomi daerah adalah hirarki dengan fungsi koordinasi, pembinaan dan pengawasan oleh pemerintah di atasnya.

"Undang-undang ini merupakan koreksi atas implementasi otonomi daerah sebelumnya. Yang selanjutnya memberi penguatan Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat,” tegas Gubernur Mangku Pastika.

Ia menjelaskan, dalam paradigma otonomi daerah, maka Bupati dan Walikota mempunyai peran sangat strategis dalam pengembangan kehidupan berdemokrasi yang berkeadilan, pemerataan kesejahteraan masyarakat. "Serta memelihara hubungan serasi antar pemerintah daerah dalam menjaga keutuhan NKRI,” tegas Gubernur Mangku Pastika.

Enam pasangan calon kepala daerah, dilantik serentak oleh Gubernur Mangku Pastika pada kesempatan tersebut. Mereka adalah Walikota dan Wakil Walikota Denpasar IB Rai D Mantra - IGN Jaya Negara, Bupati dan Wakil Bupati Badung Giri Prasta - Ketut Suiasa, serta Bupati dan Wakil Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti - Komang Sanjaya.

Selain itu Bupati dan Wakil Bupati Bangli Made Gianyar - Nyoman Sedana Artha, Bupati dan Wakil Bupati Jembrana Putu Artha - Kembang Hartawan, serta Bupati dan Wakil Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri - Wayan Artha Dipa.san


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER