Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Laboratorium Organik Nang Oman Dilirik Wisatawan

  • 05 Agustus 2014
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1532 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com – Sebuah laboratorium organik berada di kebun Tegal Kajanan Nang Oman, Desa Serason, Kecamatan Penebel. Pemilik laboratorium yakni Nyoman Mastra (Nang Oman) mengaku laboratorium miliknya itu kerap kali didatangi oleh wisatawan asing dan sering digunakan untuk bahan penelitian bagi perguruan tinggi di Bali.

Bahkan menurut Mastra sudah ada empat sekaa (kelompok) yang tertarik memanfaatkan laboratorium organik yang disediakan di laboratorium Organik Nang Omang. Mereka adalah  sekaa ternak, budidaya ikan, petani, dan sekaa kesenian tabuh.  “Kelompok ini diberikan kesempatan belajar mengolah sumber daya yang ada disini,”jelasnya. Ia pun mengajak masyarakat desa mulai mandiri dengan memanfaatkan kekayaan alam. Tidak sedikit pula, laboratorium organik Nang Oman dikunjungi wisatawan asing yang ingin belajar lebih dekat mengenai dunia organik.

Selain dilirik oleh wisatawan, Laboratorium Organik Nang Oman juga kerap digunakan tempat penelitian okeh para akademisi dari universitas. “Mahasiswa IKIP Saraswati Tabanan, Undiksa Singaraja sering datang melakukan penelitian atau mengindetifikasi lingkungan,” tandasnya. Biasanya para perguruan tinggi itu melibatkan anak-anak di desa sehingga kelak ketika dewasa anak-anak tersebut siap mengembangkan lingkugannya sendiri.

 Saat ini, sudah ada pihak akademisi yang akan rutin memanfaatkan lahan tersebut. Antara lain mahasiswa asal IKIP Saraswati Tabanan, dan Undiksha Singaraja. "Akademisi secara suka rela melibatkan anak-anak di desa untuk mengidentifikasi lingkungan, sehingga saat mereka (anak-anak) dewasa sudah siap mengembangkan lingkungannya sendiri," pungkasnya.

Guna mensosialiasikan keberadaan Laboratorium Organik Nang Omang, kerap mengunduh segala kegiatanya di media sosial seperti Facebook, atau media sosial lainya. “Upaya sosialiasi di media sosial sangat baik. Banyak pihak yang kemudian datang mengunjungi keberadaan laboratorium organik Nang Omang, termasuk wisatawan asing,”tandasnya. gin


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER