Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

PDIP Gelar Tes Tahap Akhir

  • 22 Mei 2015
  • 00:00 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 2882 Pengunjung

Denpasar, suaradewata.com - PDIP menggelar uji kelayakan dan kepatutan (fit and propertest) tahap akhir bagi para calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang akan bertarung di Pilkada 9 Desember mendatang. Pada tahap akhir ini, para peserta dijejali tes tertulis serta tes psikologi.


"Ini merupakan tes tahap akhir. Sebelumnya, 19 Mei lalu, hanya berupa wawancara lisan saja," papar Wakil Sekretaris DPD PDIP Bali Cokorda Gede Agung, disela-sela tes tertulis dan tes psikologi ini di Kantor DPD PDIP Bali, di Renon, Denpasar, Kamis (21/5).

Tes tahap akhir tersebut, tidak lagi dihadiri oleh DPP PDIP sebagaimana saat wawancara lisan sebelumnya. "DPP PDIP hanya mengirimkan empat psikolog dari Jakarta, untuk melakukan psikotest kepada para calon kepala daerah dan wakil kepala daerah untuk enam kabupaten dan kota yang menggelar Pilkada serentak, 9 Desember 2015," kata Gede Agung.

Sebagaimana wawancara lisan, kali ini jumlah peserta yang hadir juga 29 orang. Rinciannya, 19 bakal calon bupati, 1 bakal calon walikota, 1 bakal calon wakil walikota, serta 8 bakal calon wakil bupati. Dari sisi wilayah, masing-masing 2 orang dari Denpasar, Tabanan dan Bangli, 4 orang dari Jembrana, 8 orang dari Badung dan 11 orang dari Karangasem.

"Baik tes tahap pertama maupun tahap akhir kali ini, akan menjadi tolak ukur penilaian DPP PDIP untuk menentukan figur yang akan maju pada Pilkada di enam kabupaten dan kota," ujar Gede Agung.

Hampir seluruh peserta tes ini optimistis, akan diberikan kesempatan oleh DPP PDIP untuk diusung di daerah masing-masing. "Saya optimis akan direkomendasikan oleh partai," kata Ni Made Sumiati, salah satu bakal calon bupati Karangasem yang mengikuti tes ini.

Menurut dia, dari 8 nama yang bertarung untuk "tiket" PDIP di Karangasem, peluangnya sama. Bahkan tidak ada yang dikategorikan sebagai rival terberat. "Saya kira belum kelihatan yang berat. Sama semua," tegas anggota Komisi I DPRD Bali itu.

Optimisme juga dilontarkan IGA Mas Simatri, srikandi PDIP yang ikut memperebutkan rekomendasi calon bupati Karangasem. "Saya sangat optimis. Walau demikian, kita tunggu bersama keputusan DPP PDIP. Sebab pimpinan parta yang memiliki kewenangan untuk menentukan yang layak mendapatkan rekomendasi," ucapnya.

Hal tak jauh berbeda juga dilontarkan Ketua DPC PDIP Badung Giri Prasta. Menurut dia, seluruh figur yang lolos dalam penjaringan di PDIP memiliki peluang yang sama untuk mendapatkan rekomendasi.

"Semua punya peluang yang sama. Siapapun yang akan direkomendasikan, sepenuhnya menjadi kewenangan DPP PDIP. Dan selaku kader, saya siap jika ditugaskan partai untuk menjadi calon bupati Badung," pungkas Prasta. san


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER