Ratusan Sawah di Selemadeg Kekeringan

  • 31 Juli 2014
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1865 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com– Sekitar 400 hektar sawah di subak Aseman 1, Aseman 2, dan Aseman 3 di sekitar Desa Megati di Selemadeg Timur kekeringan. Kini petani disana harus gigit jari karena tidak bisa bercocok tanam seperti petani lainnya.

Salah satu warga disana I Wayan Suwenda mengaku sudah delapan bulan terakhir sawah-sawah disana mengalami kekeringan.  Air irigasi dari sumber utama yakni empelan di Desa Pupuan Sawah yang diharapkan petani kini tidak bisa memasok air kebutuhan sawah petani lantaran debitnya sangat kecil. “Disini memang ada irigasi namun aliran airnya kecil sehingga tidak mampu mengaliri sawah-sawah kami,” ucapnya.

Petani disana bukanya tanpa usaha, mereka sudah berusaha keras salah satunya beralih ke jenis tanaman palawija namun juga tidak maksimal.  Menurut para petani soal kekeringan ini sempat akan diatasi dengan rencana pembangunan bendungan yang lebih besar di Desa Pupuan Sawah namun hal itu baru tingkat wecana, sementara petani disana sudah berbulan-bulan kekeringan. “Dulu katanya ada rencana seperti itu. Tapi sampai sekarang nggak ada realisasinya. Mestinya pemerintah menyikapi ini,” pintanya. gin


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER