PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

[email protected]

Ketua Bawaslu Carna Wirata Lantik 27 Pengawas Kecamatan Se-Kabupaten Buleleng

Sabtu, 25 Mei 2024

21:00 WITA

Buleleng

1309 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Pelantikan Panwascam oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Buleleng I Kadek Carna Wirata,SH di The Grand Vilandra Resort, Desa Tukadmungga, Kecamatan/Kabupaten Buleleng, Sabtu (25/06/2024). sumber foto : sad/SD

Buleleng, suaradewata.com- Ketua Bawaslu Kabupaten Buleleng I Kadek Carna Wirata,SH secara resmi melantik dan memberikan pembekalan 27 Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) dengan dihadiri anggota Bawaslu Provinsi Bali Gede Sutrawan pada Sabtu (25/06/2024) di The Grand Vilandra Resort, Desa Tukadmungga, Kecamatan/Kabupaten Buleleng.

Pada kesempatan tersebut Carna Wirata mengatakan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Nasional Tahun 2024 telah berjalan, maka Panwascam yang dilantik akan langsung bekerja.

"Panwascam harus segera bekerja, persiapkan diri sebaik-baiknya. Karena pemilihan kepala daerah memiliki tensi yang lebih tinggi. Lakukan tugas dengan baik sesuai dengan aturan" tegasnya.

Ia berharap para Panwascam untuk segera membangun koordinasi dan komunikasi dengan stakeholder terkait di kecamatan. Artinya setelah pelantikan ini, langsung koordinasi, bangun komunikasi yang aktif dengan stakeholder. 

"Pasca dilantik, Panwascam sudah harus bertugas melakukan rekrutmen Pengawas Kelurahan/Desa dan Pengawasan Tahapan Pemuktahiran Data Pemilih" ujar Carna Wirata dihadapan Panwascam.

Dari 27 Panwascam yang telah diambil sumpah dan janjinya, sebanyak 25 orang merupakan panwascam yang telah bertugas dalam Pemilu 2024. Sisanya 2 orang pendatang baru, yakni satu di Kecamatan Buleleng dan satu Kecamatan Kubutambahan. 

Sementara itu Gede Sutrawan Pengampu divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Bali dalam paparannya mengatskan agar panwascam tetap meningkatkan kapasitas diri, karena aturan dan ketentuannya berbeda antara Pemilu dan Pilkada.

"Aturannya Pemilu berbeda dengan pilkada, sehingga guna mewujudkan harapan reformasi dengan bekerja sesuai ketentuan. Jadi wajib panwascam memahami peraturan yang ada." ujarnya menegaskan.

"Kami berpesan agar jajaran Panwascam untuk selalu menjaga etika dalam pengawasan Pilkada 2024. Dan juga kami berharap panwascam selalu ingat menjaga etik maupun netralitas selaku pengawas " tutup Sutrawan.

Selain dihadiri Bawaslu Bali pelantikan juga disaksikan seluruh Anggota Bawaslu Kabupaten Buleleng, Ketua KPU Kabupaten Buleleng. Perwakilan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik serta Perwakilan Camat Se-Kabupaten Buleleng. 

Selepas Pelantikan, Panwascam diberikan pembekalan dengan menghadirkan narasumber dari Akademisi Universitas Panji Sakti Nyoman Gede Remaja.sad/adn


Komentar

Berita Terbaru

\