Di Buleleng 198 KK Mengungsi Akibat Diterjang Banjir Bandang

  • 26 Januari 2016
  • 00:00 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 2883 Pengunjung

Denpasarsuaradewata.com - Saat ini terdapat setidaknya 198 Kepala Keluarga (KK) yang mengungsi akibat banjir bandang yang menghantam empat desa di Kabupaten Buleleng. Ke-198 KK itu ditampung di sembilan tenda penampungan yang dibangun oleh Pemkab Buleleng.

Demikian disampaikan Wakil Bupati Buleleng I Nyoman Sutjidra, di Kantor Gubernur Bali, Selasa (26/1). Menurut dia, saat ini Pemkab Buleleng tengah fokus membersihkan saluran sepanjang aliran sungai, sekaligus mengurus para pengungsi.

"Ada 80 rumah rusak akibat banjir bandang, dan beberapa yang rata dengan tanah. Ada 198 KK mengungsi yang ditampung di sembilan tenda,” papar Sutjidra.

Saat ini, imbuhnya, infrastruktur di empat desa yang dihantam banjir bandang telah kembali normal. "Infrastruktur air dan jalan sudah bersih,” ucapnya.

Sementara Gubernur Bali Made Mangku Pastika, mengaku bahwa saat ini pihaknya menunggu informasi tentang apa saja yang dibutuhkan oleh warga yang menjadi korban terjangan banjir. "Kita lihat dulu apa yang diperlukan. Bantuan sementara sudah berjalan,” papar mantan Kapolda Bali itu.

Pemprov Bali, menurut dia, akan menanggung pembangunan rumah warga yang hancur diterjang banjir bandang. "Kita akan menanggung semua pembangunan rumah yang hancur. Supaya tidak menunggu APBD, saya sudah bicara dengan pengusaha dan dia siap membangun 100 unit rumah,” pungkas Gubernur Pastika.san


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER