Desa Taro Kembangkan Bambu Tabah

  • 25 Januari 2016
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 2927 Pengunjung

Gianyar, suaradewata.com - Optimalkan lahan tandus, Banjar Patas Desa Taro Kecamatan Tegallalang budidayakan Bambu Tabah, hal tersebut terungkap saat petani Desa Patas difasilitasi Udayana Community Development Program Program (UCDP) laksanakan diskusi pelestarian dan peningkatan nilai tambah Bambu Tabah untuk pangan  serta peningkatan ekonomi kerakyatan dan alternatif pariwisata lingkungan. 

Kelian Dinas Banjar Patas, I Wayan Balok Suardana mengatakan Bambu Tabah di Banjar Patas ditanam warga di lahan seluas 0,8 Ha. Semenjak ditanam tiga tahun lalu, sekitar 1.000 buah bibit bambu Tabah sudah tumbuh dan bahkan ada yang sudah layak panen. Tanaman Bambu Tabah tersebut merupakan bantuan Pemkab Gianyar dengan mengandeng pihak swasta. Namun pihaknya masih mencari pasar terbaik terkait hasil panen nantinya. Bambu Tabah merupakan bambu yang multi fungsi, disamping berfungsi sebagai bambu secara umum, embungnya bisa dipergunakan sebagai sayur dengan rasa enak serta nilai gisi tinggi. “Tanam Bambu Tabah hanya sekali dan bisa dinikmati lebih dari 100 tahun,” imbuhnya. 

Pemahaman petani dan warga terkait Bambu Tabah masih minim, sehingga perlu melaksanakan diskusi yang difasilitasi akademisi serta pihak terkait. Atas tersebut pihaknya mengundang berbagai pihak dan memberikan pembeerdayaan ke [etani terhadap Bambu Tabah. Kegiatan yang difasilitasiUCD), Yayasan Kehati Jakarta, dan berbagai program CSR BUMN dan swasta mengagendakan diskusi pelestarian dan peningkatan ekonomi kerakyatan dan alternatif pariwisata lingkungan. Kegiatan yang dilaksanakan sehari diharapkan bisa memberi pengetahuan ke petani serta warga sekitar. Diskusi dilaksanakan di Wantilan Agro Kemulan Bali, Banjar Patas Desa Taro tersebut dihadiri anggota DPD RI Arya Weda Karna.

Anggota DPD RI, Arya Wedakarna menyambut baik kegiatan tersebut, pihaknya akan selalu mendukung pengembangan ekonomi desa. Peningkatan ekonomi desa diharapkan bisa membuat desa mandiri sesuai misi Nawa Cita Presiden Jokowi. Senator RI juga mengapresiasi program Pemkab Gianyar yang selalu mendukung dan mengembangkan pertanian.gus


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER