Jalan Dan Air Bersih Jadi Prioritas Bupati PAS

  • 29 Desember 2015
  • 00:00 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 2446 Pengunjung

Buleleng, suaradewata.com – Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana melakukan peninjauan langsung sejumlah proyek daerah di tiga kecamatan, Senin (28/12). Kegiatan dalam rangka kunjungan kerja tersebut menitik beratkan pada pengerjaan infrastruktur jalan dan air bersih yang belakangan ini menjadi permasalahan di wilayahnya.

Tiga kecamatan yang mendapat kunjungan tersebut yakni Kecamatan  Buleleng, Kecamatan Sukasada, dan Kecamatan Banjar.

Dalam kunjungannya di salah satu desa yang ada di Kecamatan Sukasada tepatnya Desa tegallinggah, Suradnyana berjanji kepada masyarakat akan segera membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Menurutnya, pembangunan PLTS diperlukan terkait dengan kebutuhan listrik yang akan menghidupkan pompa air.

Selain di wilayah Kecamatan Sukasada, pembangunan PLTS untuk kebutuhan energy bagi mesin pompa air tersebut juga dilakukan di wilayah Kecamatan Banjar. Beberapa desa dikawasan tersebut antara lain Desa Sidetapa, Desa Cempaga, dan Desa Pedawa.

Menurutnya, dengan keberadaan PLTS nantinya diharap mampu untuk mengurangi beban desa pada sektor pembayaran listrik untuk oprasional mesin pompa air. Sehingga, masyarakat yang sebagai konsumen air bersih tidak akan terbebani oleh pembayaran listrik dari perusahaan listrik milik Negara.

“Ini akan mampu menghemat anggaran miliaran rupiah karena tidak lagi menggunakan listrik milik PLN (Perusahaan Listrik Nasional) karena sudah ada suplai energy listrik dari PLTS yang nantinya dibangun,” papar Suradnyana.

Sebelumnya, Bupati Suradnyana melakukan kunjungan kerja di kawasan Buleleng timur dan meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (Solar cell) yang berlokasi di Desa Bukti, Kecamatan Kubutambahan. Pembangunan Solar Cell tersebut merupakan sumbangan PT. Indonesia Power dan PT. PLN Persero Cabang Bali melalui dana sosial yang dikenal dengan istilah dana CSR (Corporate Sosial Responsibility).

Terkait dengan pembangunan infrastruktur jalan, Bupati Suradnyana mengaku merasa dengan melihat dampak ekonomi yang ditimbulkan atas kelancaran transportasi darat. Hal tersebut disampaikan dalam kunjungan kerjanya di Desa Tigawasa, Kecamatan Banjar.

“Kita bisa lihat bagaimana masyarakat bisa melakukan aktifitas perekonomian dikarena jalan sudah bagus,” kata Suradnyana sebelumnya duduk di kursi legislatif Provinsi Bali.

Selain sarana pendukung keberadaan air bersih dan pembangunan infrastruktur jalan, Bupati Suradnyana juga  meninjau beberapa proyek lainnya seperti perbaikan Balai Banjar, pembangunan Instalasi Rawat Darurat (IRD) milik Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Buleleng.

Beberapa perbaikan lain pun juga tidak luput dari peninjauan langsung tersebut seperti perbaikan Terminal Cargo, Pembangunan Pengelolaan Instalasi Air Limbah (IPAL) Komunal, Pembangunan Kantor Lurah Sukasada, Pembangunan Kantor Camat Sukasada, Pembangunan Kantor Kepala Desa Pemaron, dan Pembangunan Pasar Tradisional Desa Banjar.

Kunjungan kerja Bupati Buleleng dihari kedua tersebut berakhir dengan bertatap muka dan penyerahan sejumlah bantuan kepada masyarakat di Wantilan Desa Banjar. Bantuan yang diberikan khususnya pada kelompok tani tersebut antara lain berpa berupa bibit kopi arabika, bibit pohon bambu,  mesin penggiling kopi, dan lainnya.adi


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER