Amankan Nataru, Polres Buleleng Tingkatkan Patroli

  • 14 Desember 2015
  • 00:00 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 3004 Pengunjung

Buleleng, suaradewata.com – Untuk melakukan antisipasi gangguan keamanan dan ketertiban perayaan Natal dan malam tahun baru 2016, sekitar 572 gabungan diterjunkan. Hal tersebut dikatakan Kepala Bagian Oprasional Polres Buleleng, Kompol Ketut Gelgel, Senin (14/12).

 Selain pihak kepolisian, tim gabungan juga terdiri dari TNI-AD, Polisi Pamong Praja, Satuan Polisi Pamong Praja (SAT POL PP), Dinas Kesehatan, dan Dinas Perhubungan Kabupaten Buleleng.

Kompol Gelgel mengatakan, sudah dilakukan pemetaan terhadap sejumlah titik rawan yang ada di kawasan Bali Utara. Dimana, lanjut Gelgel, pihaknya menurunkan 479 orang personil untuk siaga dan melakukan pengaman.

Pihaknya pun mengaku akan mengambil tindakan tegas terhadap aksi mabuk minuman keras yang kerap berlangsung di pinggir jalan saat malam pergantian tahun.

Menurutnya, beberapa titik yang dinilai cukup rawan keributan antara lain kawasan Kelurahan Banyuasri, Taman Kota Singaraja, Lovina, dan bekas pelabuhan Buleleng.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perhubungan Buleleng, Gede Gunawan AP mengatakan, akan mengerahkan 30 orang personilnya untuk mendukung tugas pihak kepolisian dalam pengamanan malam tahun baru 2016.

Di sisi lain, banyaknya bentuk usaha di Kabupaten Buleleng yang beraktifitas hingga malam hari kini mendapat perhatian khusus dari Kepala Satuan Shabara, AKP Wayan Parta, Senin (14/12). Selain meningkatkan patroli malam, pihaknya pun kerap menyambangi sejumlah tempat usaha yang buka hingga larut malam.

Dikatakan, selain untuk antisipasi tindak criminal yang terjadi pada malam hari, ia mengaku mengedepankan penerapan sistem yang disingkat PWT (Parking, Walk, and Talk). Unit Shabara yang melakukan patroli malam diharap tidak sekedar lewat tapi harus melakukan interaksi langsung dengan masyarakat di tempat-tempat tertentu yang berpotensi rawan tindak kriminal.

“Personil Shabara pun saya perintahkan untuk memberikan nomor kontak kepada sejumlah toko, hingga pedagang kaki lima yang buka hingga larut malam. Jika diperlukan, anggota saya akan datang dan melakukan pengamanan,” pungkas Parta. adi


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER