Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Rawan Bencana, Basarnas Bangun Gedung Operasional di Bali Utara

  • 01 Desember 2015
  • 00:00 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 1713 Pengunjung

Buleleng, suaradewata.com– Badan Search and Rescue (SAR) Nasional akhirnya meresmikan gedung oprasionalnya di Desa Patas, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, Selasa (1/12). Peresmian dilakukan langsung oleh Kepala Badan SAR Nasional, Basarnas Marsekal Madya TNI FHB Soelistyo.

“Selain dilengkapi anggota-anggota yang terlatih dan handal di lapangan, saya juga akan lengkapi pos Basarnas Buleleng dengan sebuah mobil amfibi,” ujar Soelistyo usai acara peresmian dilangsungkan.

Menurutnya, keberadaan pos Basarnas di Kabupaten Buleleng merupakan salah satu bentuk antisipasi penanganan dan pengamanan bencana untuk wilayah Bali pada umumnya. Karena, lanjutnya, pos sebelumnya telah didirikan di Kabupaten Karangasem dan di Kabupaten Jembrana.

Dengan adanya unit mobil amfibi, penyelamatan dapat dilakukan di segala medan baik pada lingkup perairan maupun di daratan.

Peresmian pos Basarnas tersebut juga dihadiri Kepala Daerah Kabupaten Buleleng, Putu Agus Suradnyana serta sejumlah pejabat yang ada di lingkup Kabupaten Buleleng. Menurut Agus, pihaknya telah melakukan pemetaan titik rawan bencana yang tersebar di kabupaten dengan wilayah terluas di Bali ini.

Dikatakan, dengan keberadaan pos Basarnas serta personil dan unit penyelamat bencana lainnya akan mampu mengamankan Buleleng dari bencana alam maupun bencana besar yang disebabkan oleh faktor lain dan mampu mengganggu stabilitas keamanan daerah.

Peresmian juga diikuti oleh sejumlah anggota SAR dan menjadi ajang simulasi penanganan bencana penyelamatan korban dari reruntuhan gedung. Dengan mengerahkan alat yang dimiliki oleh Basarnas, penyelamatan korban menjadi lebih cepat dilakukan serta dengan tingkat resiko yang rendah.

Menurut Agus Suradnyana, selain diharapkan mampu memberikan respon penangan yang tepat dan cepat, pemerintah daerah yang dipimpinnya pun mengaharapkan dengan keberadaan Basarnas di Buleleng menjalin sebuah kerjasama yang bersinergi dalam bidang penanganan bencana khususnya yang ada di Buleleng. gus


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER