Kunjungan ke Cau Chocolate, Alam Ganjar Motivasi Petani Milenial Tabanan

  • 18 Desember 2023
  • 23:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1515 Pengunjung
Alam Ganjar saat berkunjung ke Cau Chocolate di Desa Cau, Kecamatan Marga Kabupaten Tabanan, Bali, Senin (18/12/2023). (ist)

Tabanan, suaradewata.com – Putra semata wayang calon Presiden RI, Ganjar Pranowo, Muhammad Zinedine Alam Ganjar atau Alam Ganjar, berkunjung ke Cau Chocolate, di Desa Cau, Kecamatan Marga Kabupaten Tabanan, Bali, Senin (18/12/2023).

Kedatangan anak muda yang digandrungi para ciwi-ciwi ini diterima langsung oleh CEO PT. Cau Chocolate Bali, Kadek Surya Prasetya Wiguna.

Pada kesempatan itu Alam Ganjar diajak untuk melihat proses pembuatan cokelat mulai dari memetik coklat hingga ke pabrik pengolahan cokelat. 

"Datang ke Cau Chocolate ini sangat menarik, karena disini kita bisa melihat proses awal pembuatan coklat. Disini kita juga bisa belajar secara holistik proses pembuatan coklat, dan ternyata jenis coklat itu banyak sekali," ujarnya.

Disamping memberikan pengalaman melihat proses pembuatan coklat secara langsung, dengan adanya destinasi ini, bisa memberikan optimisme baru kepada para petani, khususnya petani milenial untuk mengembangkan potensi yang ada di desa. 

"Seperti istilah, Nyaman di Kota, Berkarya di Desa, inilah salah satu contohnya, dengan memanfaatkan lahan produktif dan mengembangkan kakao sebagai salah satu potensi unggulan, diharapkan nantinya hal ini bisa diadopsi oleh daerah lain di Indonesia," imbuhnya.

Ia kemudian melakukan diskusi dengan belasan petani dan peternak muda asal Tabanan. Pada kesempatan itu salah satu komunitas petani menyebutkan tiga permasalahan yang sering dihadapi oleh sektor pertanian di Tabanan.

Antara soal penyaluran pupuk subsidi yang tidak merata, infrastruktur pertanian seperti saluran irigasi dan jalan usaha tani yang kurang memadai dan penyerapan pasar terhadap produk pangan yang masih kurang maksimal.

Sementara itu, CEO PT Cau Chocolate Bali, Kadek Surya Prasetya Wiguna, mengungkapkan bahwa dengan kunjungan dari Alam Ganjar ini, pihaknya berharap dapat menjadi angin segar dalam sektor pertanian dan industri desa di Indonesia. 

"Mas Alam Ganjar ini, adalah anak muda cerdas, memang fokusnya adalah pengembangan industri di desa, yang nantinya akan digunakannya sebagai contoh program baru yang bisa dikembangkan di desa di seluruh Indonesia," tegasnya.

Dan khususnya untuk cokelat, ia yakin merupakan komoditas pertanian yang sangat menjanjikan di Indonesia. “Cokelat itu luar biasa dan Indonesia tidak lagi hanya sebagai eksportir tetapi telah menjadi importir dengan kebutuhan lebih dari Rp1 Triliun untuk cokelat,” tandasnya. ayu/yok

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER