PYCH Rayakan HUT RI ke-78 Lewat Gebyar Kemerdekaan dari Papua Untuk Indonesia

  • 21 Agustus 2023
  • 15:55 WITA
  • Nasional
  • Dibaca: 1366 Pengunjung

Jakarta, suaradewata.com-  Papua Youth Creative Hub (PYCH) sebagai pusat pengembangan talenta muda Tanah Papua binaan Badan Intelijen Negara (BIN) telah mengadakan kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-78 dengan menggelar Gebyar Kemerdekaan dari Papua Untuk Indonesia, yang dihadiri oleh 1.000 masyarakat di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, pada Jumat (18/08/2023).

 

PYCH mengundang para seniman Papua yang berada di Jakarta untuk meramaikan acara tersebut. PYCH juga menggelar acara musik, tarian, dan stand up comedy dari anak muda Papua, Adapun bazar UMKM Papua yang khusus menjual kuliner maupun cinderamata khas Papua.

 

Personel PYCH Music Band sekaligus Pendamping Tim Music Anak Coment (M.A.C), Julio Faot mengungkapkan bahwa ini merupakan kegiatan pertama yang dilakukan PYCH di luar Papua dan mendapatkan respon positif dari segenap masyarakat Papua yang berada di Jakarta. 

 

"Ini perdana, kami buat kegiatan PYCH bukan di Jayapura, tapi Jakarta dalam rangka gebyar kemerdekaan kami mengumpulkan para seniman Papua dan di sini kami melihat bersama bagaimana kemerdekaan menjadi bagian penting dari anak-anak Papua," ujar Julio.

 

Julio menuturkan alasan di balik terselenggaranya kegiatan PYCH di Jakarta bertepatan dengan salah satu grup musik asal Papua, M.A.C yang dipanggil untuk mengisi acara di Istana Merdeka pada momen HUT RI ke-78.

 

"Kemarin karena ada M.A.C yang dipanggil ke Istana Negara dalam rangka 17 Agustus kami mengisi di sana hanya satu lagu. Sehingga, 18 Agustus kami inisiasi untuk kumpul merayakan kemerdekaan di Jakarta, jadi ini momentum yang pas," ucap Julio.

 

Sementara, perwakilan personel grup M.A.C, Morde Sawaki turut merasa senang atas penampilan off air perdananya yang dilakukan di Jakarta. Mereka bersyukur bisa tampil dalam skala nasional sekaligus bertemu dengan masyarakat Papua yang tinggal di Jakarta. 

 

"Senang karena bisa mewakili Papua. Selain itu, kami bangga sebagai generasi muda Papua kami bisa mengharumkan Papua dan juga Indonesia," ujar Morde Sawaki. 

 

Selain perform dari anak Papua, turut serta hadir YouTuber sekaligus influencer Thariq Halilintar membuat acara tersebut makin meriah. Pada kesempatan tersebut, Thariq berkolaborasi dengan M.A.C menyanyikan lagu "Cuma Saya", serta menyapa seluruh masyarakat yang hadir.

 

Tak hanya bernyanyi bersama, Thariq juga mengunjungi bazar UMKM Papua dan membeli beberapa pakaian maupun kuliner khas Papua. 

 

"Acaranya luar biasa, anak muda Papua di sini berkumpul untuk menuangkan kreativitasnya di berbagai sektor seni, keren banget," ujar Thariq.rls/adn


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER