WBP Rutan Negara Tetap Jalankan Budaya Mepatung

  • 03 Agustus 2023
  • 09:05 WITA
  • Jembrana
  • Dibaca: 1376 Pengunjung

Jembrana, suaradewata.com- Rasa kekeluargaan dalam menyambut hari Penampahan Galungan, rutin dilakuka para warga Binaan di Negara, Jembrana dengan melakukan upaya mepatung. Selain digunakan untuk mereka di lapas, juga dibagikan ke kluarga mereka saat berkunjung.

Tradisi ini rutin dilaksanakan setiap hari Senin atau penyajaan Galungan. Mengambil tempat di area open camp Runa, Senin (31/07), penyembelihan babi dilaksanakan oleh Warga binaan pemasyarakatan (WBP) kelompok kerja (pokja) peternakan dengan pengawasan oleh Kepala Subseksi Pelayanan Tahanan dan Pengelola Pembinaan Kemandirian Rutan.

Ada lima ekor babi dengan berat total 400 kg atau 4 kuintal dibagikan pada seluruh pegawai yang berjumlah 63 orang. Selain itu, daging babi ini juga dibagikan kepada keluarga WBP pokja Peternakan yang turut aktif dalam pemeliharaan dan penyembelihan daging babi.

Daging babi yang telah dipotong kemudian dibagi secara merata dengan potongan yang sama dengan berat masing – masing 3 kg per bagian. “Tradisi mepatung ini sebagai salah satu wujud syukur kami karena di pokja open camp ini dapat terus berjalan lancar hingga mampu menghasilkan babi yang bisa kami bagikan setiap hari raya Galungan,” papar I Nyoman Tulus Sedeng selaku Kasubsi Pelayanan Tahanan.

Suka cita hari raya turut merebak pada WBP di pokja peternakan meskipun hewan yang mereka pelihara kini disembelih. “Sedih juga sedikit karena kan dari kecil saya yang ngurusin tapi kan ini untuk tujuan yang baik, beryadnya jadi ya turut seneng juga bisa berhasil melihara dan bisa dibagi sama semua petugas dan bisa ngasih keluarga juga,” ujar Putu salah satu WBP di pokja peternakan.mot/adn


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER