Optimalkan Persiapan Pengamanan Hari Raya Nyepi Polsek Abiansemal Gelar Jum'at Curhat

  • 10 Maret 2023
  • 17:25 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 1531 Pengunjung
Polsek Abiansemal Gelar Jumat Curhat. Sumber foto : Humas Polsek Abiansemal

Badung, suaradewata.com- Polsek Abiansemal secara rutin menggelar kegiatan Jumat Curhat dalam rangka mengoptimalkan pelayanan dan pengamanan terhadap segala kegiatan masyarakat. Kegiatan Jumat Curhat kali ini dilaksanakan bertempat di Aula SMAN 2 Abiansemal, Desa Sedang Kecamatan Abiansemal, Badung, Jumat (10/03/2023).

Jumat Curhat dipimpin Kapolsek Abiansemal Kompol I Gusti Made Sudarma Putra, S.Sos., S.H., M.A.P. dengan didampingi Kanit Binmas Polsek Abiansemal Iptu I Made Sujartana yang dihadiri sekitar 20 orang diantaranya Ketua MDA Kecamatan Abiansemal, Ketua Forum Perbekel Kecamatan Abiansemal, Ketua Forum Kelian Dinas Kecamatan Abiansemal, Danru Pol PP BKO Kecamatan Abiansemal, Bendesa Adat Se-Kecamatan Abiansemal, Kepala Puskesmas Se-Kecamatan Abiansemal, Satker Damkar Abiansemal, Pecalang Desa Adat Se- Kecamatan Abiansemal, Yowana Desa Adat Se- Kecamatan Abiansemal, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Sedang serta beberapa warga desa Sedang.

Jumat Curhat merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap hari Jumat untuk menampung dan menindaklanjuti secara langsung berbagai keluhan masyarakat, kritik maupun saran terkait pelayanan masyarakat.

”Hari ini kita melaksanakan kegiatan program Presisi Kapolri yaitu Jumat Curhat bertempat di Aula SMAN 2 Abiansemal, Desa Sedang, Kec. Abiansemal, Badung untuk menyerap informasi dan keluhan masyarakat khususnya dalam pelaksanaan pengamanan rangkaian perayaan hari raya Nyepi di Kecamatan Abiansemal. Sehingga kami hadir di sini untuk mengoptimalkan pengamanan dan memperkuat sinergitas agar memiliki kesamaan persepsi dalam melaksanakan kegiatan dan tindakan di lapangan secara baik dan benar,” ucap Kompol Gusti Sudarma.

Pada kesempatan ini I Made Winaya selaku Perwakilan Yowana Abiansemal menyampaikan ”Bahwasannya kami di setiap desa adat menjelang perayaan hari raya Nyepi lebih fokus dalam mengantisipasi terkait kalangan anak muda yang riskan mengkonsumsi miras sebelum pengarakan Ogoh-ogoh, serta antisipasi konflik antar anak muda, kami berharap pada saat menjelang pengarakan ogoh-ogoh mungkin ada sedikit himbauan dari pihak kepolisian kepada anak-anak kami agar benar-benar menjaga faktor keamanan selama kegiatan pengarakan ogoh-ogoh," ujar Made Winaya.

Kapolsek Abiansemal Kompol I Gusti Made Sudarma Putra, S.Sos., S.H., M.A.P. mengatakan bahwa personilnya siap mengamankan segala rangkaian perayaan hari raya Nyepi, mulai dari Melasti, pawai ogoh-ogoh dan puncak hari raya Nyepi. Pada saat Pawai Ogoh-ogoh seluruh personil Polsek Abiansemal dikerahkan untuk melaksanakan pengamanan. Tradisi Ogoh-Ogoh tidak dapat dipisahkan dari makna hari raya Nyepi itu sendiri secara ritual dan spiritual agar alam semesta menjadi sumber kehidupan. Dimana pada saat pelaksanaan pawai pasti menggunakan badan Jalan dan akan banyak warga masyarakat yang menyaksikan, sehingga perlu pengamanan maksimal.

”Kami juga Perintahkan agar para Bhabinkamtibmas sebelum pelaksanaan kegiatan pengarakan ogoh ogoh memberikan himbauan kepada muda mudi untuk tidak menodai kegiatan rangkaian Nyepi kali ini dengan minum minuman beralkohol atau miras, sehingga harapan Kita semua situasi kamtibmas di wilayah Abiansemal tetap kondusif,” ujar Kompol Sudarma Putra.

Selain itu juga Putu Ardika perwakilan pecalang kecamatan Abiansemal menyampaikan bahwa pada saat pelaksanaan melasti ke pantai, pihaknya memerlukan bantuan pengawalan dari Polsek Abiansemal guna memperlancar jalannya giat melasti menuju pantai Seseh.

"Mengingat keterbatasan kendaraan dinas pengawalan yang dimiliki oleh Polsek Abiansemal, maka dengan itu Kapolsek memerintahkan agar Bhabinkamtibmas yang memegang motor dinas menjadi yang terdepan dalam pengawalan tersebut diikuti dengan kendaraan dari Pecalang masing-masing desa adat dibelakang dengan menghidupkan Lampu Rotator serta Tidak Boleh menghidupkan Sirine," Jawab Kompol Sudarma Putra.

Sementara perwakilan Jero Bendesa Adat mengapresiasi langkah Polsek Abiansemal yang telah melakukan upaya-upaya terkait dengan pelaksanaan rangkaian hari Raya Nyepi tahun baru saka 1945. 

“Kami sangat berterimakasih kepada pihak kepolisian yang telah melakukan upaya-upaya Kepolisian dalam rangka pelaksanaan rangkaian hari Raya Nyepi tahun baru saka 1945. Tentu kami dari pihak majelis adat akan menghimbau kepada para warga untuk tidak melakukan hal-hal di luar ketentuan. Termasuk selesai pengarakan Ogoh - Ogoh tidak ditaruh sembarangan, akan tetapi akan dilaksanakan pralina dengan cara dibakar,” papar perwakilan Jero Bendesa Adat.rls/ang/adn


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER