Berpotensi Dulang Emas, Pengcab PEXI Soan ke Ketua DPRD Badung

  • 08 April 2022
  • 15:25 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 1445 Pengunjung
Ketua DPRD Badung Putu Parwata menerima audensi dari pihak Pengurus Cabang Badung Cabor PEXI di ruang kerjanya, Jumat, (08/04/2022).

Badung, suaradewata.com – Jajaran Pengurus Cabang (Pengcab) PEXI ( Persatuan Xiangqi Indonesia) Badung, memperkenalkan olahraga Xianqi kepada Ketua DPRD Badung, Putu Parwata. Ketua Umum PEXI I Gusti Agung Made Wardika memperkenalkan permainan Xianqi yang berpotensi mendulang emas, terbukti dalam porprov di Tabanan tahun 2019 PEXI Badung mendulang 9 emas dari 10 emas yang tersedia. "Dari 10 medali emas yang diperebutkan waktu Porprov di Tabanan, sembilan diantaranya berasil direbut PEXI Badung ini adalah prestasi yang luar biasa," terang Agung Wardika saat bertemu Ketua DPRD Badung, Jumat, (08/04/2022).

Agung Wardika berencana melakukan pembinaan sedini mungkin ke Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) karena kewenangan pemerintah Kabupaten untuk bisa sosialisasi permainan dari pada Xianqi ini. 

Xianqi itu sebenarnya permainan di Cina, sebelum abad ke 4 sudah berkembang. Tapi ini di Indonesia kan hal yang baru dan kepengurusan di level Provinsi baru hanya 16 Provinsi dari 34 Provinsi yang ada di Indonesia," jelasnya.ang

Sementara Ketua DPRD Badung Putu Parwata mengatakan PEXI seperti permainan catur tetapi dengan model yang berbeda lebih mengandalkan kepada konsentrasi, keseriusan dan fokus. Dan ini merupakan suatu permainan tradisi tapi sudah dijadikan cabor.  "Kami harapkan ini merupakan suatu inovasi baru buat anak anak kita supaya bisa lebih kreatif dan lebih bermanfaat mainan mainannya. Diharapkan generasi muda khususnya anak anak bisa aktif ikut. Dari pada dia bermain Hp lebih baik dia bermain Cabor PEXI karena ini adalah olah otak. Diperlukan konsentrasi dan strategi," kata Putu Parwata.

Ia pun berharap, Cabor PEXI yang dinahkodai oleh Ketua Umum Pengcab Badung, Gusti Agung Made Wardika yang merupakan Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Badung dengan timnya bisa berkembang terus di seluruh Provinsi dan bisa mewakili kita di luar Negeri. Dan pihaknya berharap Cabor ini bisa memberikan suatu kontribusi prestasi kepada Badung khususnya. 

"Kami atas nama DPRD Kabupaten Badung memberikan dukungan yang sepenuhnya untuk majunya Cabor PEXI ini," harapnya. ang/red


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER