Satgas Penanganan Covid-19 Buleleng Lakukan Tracing Aktif di Dua Klaster Baru

  • 14 Januari 2021
  • 20:55 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 1640 Pengunjung
Istimewa

Buleleng,suaradewata.com - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Buleleng, melakukan tracing aktif di dua klaster baru yakni di wilayah Dusun Buyan, Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada dan juga di Kelurahan Banyuning, Kecamatan Buleleng. Ini dilakukan untuk menekan atau memutus penyebaran Covid-19.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Buleleng yang juga menjabat Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana mengatakan, upaya maksimal telah dilakukan untuk menekan laju penyebaran virus Corona pada dua klaster keluarga yang terjadi di dua wilayah tersebut. "Di Buleleng ini banyak yang perlu diingatkan untuk meningkatkan disiplin menjalani protokol kesehatan," kata Suradnyana.

Untuk di beberapa daerah yang ada klaster, seperti di Dusun Buyan yakni klaster keluarga yang cukup besar. Begitu juga di Kelurahan Banyuning. Terkait pengetatan pengawasan dan pengendalian kegiatan masyarakat juga telah dilakukan di dua wilayah tersebut.

Satgas memberlakukan pengawasan dan pengendalian kegiatan masyarakat disesuaikan dengan karakteristik wilayah. Seperti klaster keluarga di Kelurahan Banyuning terjadi pada wilayah perumahan. "Di Banyuning warganya heterogen. Banyak warga yang kerja keluar. Berbeda dengan Dusun Buyan yang lokasinya lebih masuk. Jadu harus benar-benar menjalankan protokol kesehatan," ucap Suradnyana.

Menurut Suradnyana, transparansi dilakukan terhadap data hasil rapid test antigen yang dilakukan kepada warga di dua wilayah tersebut. Satgas juga siap melakukan tracing untuk memutus penyebaran Covid-19. "Kami berharap tidak ada penambahan lagi. Kalau sudah diterima nanti akan disampaikan transparan, tidak boleh ditutupi," ujar Suradnyana.

Sebelumnya, pengetatan kegiatan yang dilakukan untuk mengedukasi sekaligus memantau masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan (prokes). Saat ini, yang dilakukan adalah pembatasan jumlah orang dalam sebuah kegiatan.

Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 yang juga Sekda Buleleng, Gede Suyasa memaparkan, hasil tracing dan juga rapid test antigen yang dilakukan. Di Dusun Buyan, sudah ada 104 orang hasil tracing dan melakukan rapid test antigen. Dan ditemukan empat orang yang reaktif.

Keempat orang itu melanjutkan swab test dan keesokan hari bisa diterima hasilnya. "Kemudian, di Banyuning ada satu yang reaktif dari sepuluh orang yang melakukan rapid test antigen. Sebelumnya disana sudah ada sekitar 50 orang yang melakukan," papar Suyasa.

Tracing akan terus berlanjut dilakukan secara menyeluruh. Serta menunggu hasil swab test pasien reaktif. Suyasa berharap, dalam 2 minggu ke depan keadaan di Dusun Buyan dan Kelurahan Banyuning bisa membaik tanpa penularan lebih lanjut. "Kalau nanti yang reaktif terbukti positif, tentu kontak eratnya ditelusuri lagi. Kami akan terus bekerja, sampai betul-betul meyakinkan dua wilayah ini habis penularan," tandas Suyasa. rik/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER