Bentuk Tim Pelaksana, Buleleng Diperkirakan Peroleh 400 Ribu Vaksin Covid-19

  • 01 Desember 2020
  • 19:25 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 1531 Pengunjung
istimewa

Buleleng, suaradewata.com - Pemerintah Pusat telah melakukan sosialisasi terkait pengadaan vaksin untuk penanggulangan pandemi Covid-19. Itu menandakan vaksinasi kepada masyarakat akan segera dilakukan. Menindaklanjuti hal tersebut, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Buleleng, Bali segera akan menyiapkan tim pelaksana vaksinasi covid-19.

Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Buleleng, Gede Suyasa mengatakan, setelah sosialisasi ini, selanjutnya pada Desember ini Satgas Penanganan Covid-19 Buleleng menindaklanjuti dengan membentuk tim pelaksana vaksinasi untuk mempelajari ketentuan-ketentuan yang ada.

"Secara garis besar baru gambaran umumnya saja. Sehingga nanti secara teknis di lapangan akan ada peraturan secara tertulis untuk dijadikan rujukan," kata Suyasa yang juga Sekda Buleleng.

Rencananya nanti, akan ada dua kategori pengadaan vaksin, yakni vaksin yang dibiayai pemerintah dan vaksin yang bersifat mandiri. Pemerintah pusat menentukan vaksin mana yang dibiayai oleh pemerintah dan vaksin dibiayai mandiri. Petunjuk Teknis (Juknis) akan ditentukan termasuk juga pada pembiayaannya.

"Pak Mendagri juga menyebutkan ketika ada yang harus ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten, maka disiapkan Peraturan Menteri Dalam Negeri yang memberi keleluasaan daerah untuk refocusing anggaran. Khusus untuk membiayai vaksin tersebut," ucap Suyasa.

Diperkirakan, nanti Buleleng akan menerima vaksin sebanyak 400 ribu. Namun itu baru sebatas perkiraan karena sifatnya masih dinamis. Hal itu diperoleh setelah rapat yang digelar bersama dengan Pemprov Bali.

"Itu baru sebatas hasil rapat Dinas Kesehatan Buleleng dengan Pemprov Bali saja. Jadi, sifatnya masih dinamis. Kami masih akan menunggu Juknis dari Pemerintah Pusat dulu," tandas Suyasa. rik/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER