Tercatat 3.675 Kasus, Obat HIV Dipastikan Aman 3 Bulan Kedepan

  • 03 April 2020
  • 16:40 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 1768 Pengunjung
suaradewata

Badung, suaradewata.com - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Badung, dr. Nyoman Gunarta menyebutkan ketersediaan obat untuk penderita Human Immunodeficiency Virus (HIV) di Kabupaten Badung dipastikan aman untuk 3 bulan kedepan. Mengingat adanya peningkatan kasus HIV yang ditemukan di Kabupaten Badung, pihaknya terus mengupaya para penderita HIV tidak sampai putus obat. 

Dr. Gunarta memastikan dalam 3 bulan kedepan obat HIV masih tersedia di Kabupaten Badung. Meski demikian, pihaknya terus berupaya ke Pusat guna tersedianya obat HIV pasca 3 bulan ke depan. Sehingga para penderita tidak putus mendapatkan obat.

"Yang jelas semua pasien dapat obat sementara, sampai hari ini semua masih tercover, kalau misalnya kekurangan obat, sudah ada stok ke bulan kedepannya, sudah diatur, sudah ada rumusnya," ucap dr. Nyoman Gunarta, Jumat, (03/04/2020). 

Sementara, Koordinator Sekretariat Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kabupaten Badung, Ni Putu Ayu Cempaka Rani mengatakan kasus HIV yang ditemukan di Kabupaten Badung sebanyak 3.675 orang yang positif. Data tersebut tercatat per Agustus 2019 dibandingkan dengan data per Desember 2018 ditemukan sebanyak 3.358 orang yang positif. Dari awal Januari 2019 hingga Agustus 2019 ada peningkatan kasus sebanyak 317 orang yang positif HIV. 

"Yang positif HIV ditemukan di Kabupaten Badung sebanyak 3.675 orang pada Agustus 2019 ini, jadi ada peningkatan kasus 317 orang dari Desember 2018," kata Ayu Cempaka.

Kasus yang ditemukan di Kabupaten Badung ini, tidak hanya dari masyarakat Badung sendiri, melainkan juga dari masyarakat luar Badung. Dari ribuan orang yang ditemukan positif HIV, paling besar yang tertular adalah laki-laki, termasuk juga ada dari jenis Gay. 

"Disini laki laki yang paling banyak ditemukan, jadi rata-rata kasus tiap bulannya ada peningkatan sampai 30 orang hingga 40 orang," terangnya.ang/utm


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER