Ogoh- Ogoh Gamang Hana Maya, Bentuk Penghormatan untuk Kaum Perempuan

  • 23 Maret 2020
  • 22:05 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 5594 Pengunjung
istimewa

Gianyar,suaradewata.com - Perempuan sebagai simbol keindahan belakangan ini menjadi kenyataan yang sebaliknya. Sering sekali kaum perempuan diberitakan dengan kejadian yang kurang menyenangkan seperti mengalami kekerasan dan pelecehan. Sebagai bentuk penghormatan terhadap martabat perempuan, Sekaa Teruna Eka Yowana Çanti, Banjar Pukung Kaja, Kecamatan Tegallalang, Gianyar, bersama dengan Rase Custom telah merampungkan karya ogoh-ogoh berjudul "Gamang Hana Maya" untuk menyambut Pengerupukan dan Nyepi Çaka 1942.

Ogoh-ogoh sebagai bagian yang tak terpisahkan dari tradisi dan budaya Bali, membuat Seka Teruna Eka Yowana Çanti selalu berantusias dalam berkreasi ogoh-ogoh disetiap tahunnya. Di tahun 2020 ini, Seka Teruna yang berlokasi di Banjar Pujung Kaja, Tegallalang ini mengekspresikan kreativitasnya dengan membuat ogoh-ogoh yang berwujud mahluk halus yang dipercayai keberadaanya oleh masyarakat Bali yaitu "gamang".

Pemuda yang menjadi maestro ogoh-ogoh ini yaitu I Wayan Bayu Saka Palguna menuturkan konsep ogoh-ogoh gamang adalah agar mengingatkan kita supaya bisa menghormati perempuan. "Gamang hana maya muncul sebagai peringatan dan bisa diartikan sebagai sosok sejati pelindung kehormatan perempuan, telanjang, bertangan 8 yg bisa mencekram seseorang sekuat ikatan rantai baja, berkepala menyeramkan dengan lidah menjulur, kemaluannya berubah menjadi kepala yg sangat menyeramkan, sehingga menimbulkan ketakutan dan mungurungkan niat seseorang untuk berbuat tidak sopan ataupun melecehkan perempuan," ujarnya.

Bayu Saka menerangkan gamang merupakan sosok mahluk yang ada dan rupanya bermacam. Hana maya merupakan ungkapan bahwa mahluk ini ada tapi tidak terlihat. Bayu Saka juga mengungkap bahwa ide ogoh-ogoh gamang ini berawal dari guyonan di tempat tongkrongan. "Disaat teman menanyakan salah satu temannya yang jarang kelihatan, teman yang lain mengatakan mungkin saja dia sudah disembunyikan oleh gamang," imbuhnya.

Ketua Sekaa Teruna Eka Yowana Çanti I Wayan Gede Prawira Negara sangat mengapresiasi semangat seluruh pemuda dalam pembuatan ogoh-ogoh ini dari awal sampai selesai. "Sebagai ketua Sekaa Teruna tentunya saya mengucapkan banyak terimakasih atas kerjasama dan kerja keras semua pemuda sehingga kita bisa menyajikan sebuah mahakarya yang membanggakan," paparnya.

Prawira Negara juga menghimbau kepada pemuda agar dewasa menyikapi larangan pangarakan ogoh-ogoh. Agar tetap mematuhi aturan dari pemerintah untuk keselamatan kita bersama. "Sedikit pesan untuk seluruh anggota Sekaa Teruna agar memaklumi serta menyadari dari bahayanya wabah global covid-19 ini. Besar harapan saya sebagai ketua Sekaa Teruna untuk kita tetap berkarya dan jangan putus asa sesuai dengan slogan Eyoca On Fire," tegasnya. rls/gus/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER