Angkut Kayu Sonokeling, Sopir Truk Diciduk

  • 12 Maret 2020
  • 21:30 WITA
  • Jembrana
  • Dibaca: 1653 Pengunjung
suaradewata

Jembrana, Suaradewata.com- Zainul Arifin, (33) asal Dusun Bodolan, Desa Bajulmati, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi kini harus berurusan dengan pihak kepolisian. Pasalnya, mengangkut ratusan batang kayu sonokeling tanpa dokumen.  

Kapolres Jembrana AKBP Ketut Gede Adi Wibawa, Kamis (12/3) kepada awak media mengatakan, penangkapan sopir truk ini berawal dari pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas di pelabuhan Gilimanuk pada Selasa (10/3) sekitar pukul 01.25 wita. Saat diperiksa dan sopir disuruh menunjukan dokumen tidak bisa. Sehingga Truk yang memuat kayu ilegal itu berama sopirnya kemudian diamankan. “Karena tanpa dokumen sehingga diamankan oleh anggota. Namun saat diperiksa dan tidak bisa menunjukan dokumen sehingga sopir dan truk beserta muatanya 165 batang kayu sonokeling diamankan. Kami juga masih melakukan penyelidikan terhadap pemilik kayu,” katanya 

Lebih lanjut, AKBP Ketut Gede Adi Wibawa mengatakan, untuk mempertanggungjawabkan perbuatanya ini, sopir truk dijerat dengan pasal 8 ayat 1 huruf b yunto pasal 12 huruf e UU RI nomor 18 tahun 2003 tentang pencegahan dan pembrantasan perusakan hutan. 

Menurut pengakuan Zainul Arifin, sebelum diamankan oleh polisi, dirinya baru habis ngirim barang ke Singaraja. Saat kembali ke Jawa dan sempat membeli bensin di salah satu SPBU di Gerogak Buleleng dihampir oleh orang yang tidak dikenalnya. “Pas saya balik sampai di SPBU untuk ngisi BBM ada orang yang menawarkan untuk mengangkut kayu kebun dengan dokumen lengkap ke Surabaya dengan ongkos Rp.2 juta dan akan dibayar jika kayu sudah sampai di penerimanyan,” akunya. 

Saat kayu dinaikan langsung menuju emper rumah warga untuk beristirahat. Setelah seluruh kayu tersebut dinaikan dengan ditutupi terpal, sopir langsung dibangunkan dan langsung menuju pelabuhan Gilimanuk.  “Setelah semua kayu dinaikan dan ditutupi terpal, orang tidak dikenal itu kemudian membangunkan saya dan meminta untuk berangkat. Orang yang tidak dikenal itu juga menyampaikan akan mengikuti truk dan jika ada orang yang menanyakan kayu itu nanti dirinya yang bertanggungjawab. Tapi saat diperiksa dipelabuha orang itu hilang dan saya diamankan pak,” tuturnya dep/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER