Sampai Saat ini Belum Ditemukan Kasus Positif Covid-19 di Bali

  • 03 Maret 2020
  • 21:20 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 2046 Pengunjung
google

Denpasar,suaradewata.com - Maraknya pemberitaan terkait virus Corona di Provinsi Bali, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dr. Ketut Suarjaya menyampaikan bahwa hingga saat ini belum ditemukan adanya kasus positif Covid-19 / virus Corona. 

Dirinya menyampaikan bahwa sampai saat ini di Provinsi Bali belum ditemukan kasus positif Covid-19. Kasus yang ditangani adalah dengan gejala-gejala demam, batuk, pilek dan memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri sejumlah 29 orang. Dengan rincian 22 kasus hasil pemeriksaan laboratorium negatif COVID-19 dan 7 kasus masih menunggu hasil laboratorium.

"Dimana kasus tersebut sudah menunjukkan gejala klinis membaik," ungkap dr. Suarjaya, Selasa, (03/03/2020).

Ia menerangkan, Provinsi Bali telah memiliki sistem mitigasi (pengurangan resiko) yang sesuai dengan standard WHO (World Health Organization) di 3 Rumah Sakit yang ada di Bali. Rumah sakit tersebut yakni RSUP Sanglah dengan 4 ruang isolasi dan ruangan lainnya yang terstandar dengan 18 tempat tidur, RSUD Sanjiwangi Gianyar terdapat 1 ruang isolasi dan ruangan lainnya yang terstandar dengan 10 tempat tidur serta RSUD Tabanan dengan 2 ruang isolasi dan ruangan Iainya yang terstandar dengan 7 tampat tidur. Bila terjadi peningkatan kasus maka menunjuk RS PTN UNUD sebagai tempat isolasi.

"Bandara l Gusti Ngurah Rai telah melakukan screening di pintu masuk dengan pemantauan kedatangan wisatawan melalui thermo scanner. Setiap penumpang yang terdeteksi mengalami demam akan dilakukan pemeriksaan Iebih lanjut di ruang isolasi yang terstandar dan bila diperlukan dirujuk ke RSUP Sanglah," terangnya.

Terkait hal itu, masyarakat diharapkan tidak panik dan tetap tenang karena Pemerintah Provinsi Bali telah memiliki sistem yang memadai dengan standard WHO. Mengingat Bali sebagai destinasi wisata terbaik di dunia, Gubernur dan Wakil Gubernur Bali memberikan perhatian khusus dengan mengunjungi kesiapan RSUP Sanglah dan Bandara I Gusti Ngurah Rai pada hari Selasa tanggal 3 Marat 2020. 

Pada kunjungan tersebut, Gubernur dan Wakil Gubernur menyaksikan langsung penanganan pasien di RSUP Sanglah telah berjalan baik dan pasien menunjukkan kondisi yang semakin membaik. Dan di Bandara l Gusti Ngurah Rai pelaksanaan pemantauan terhadap wisatawan yang masuk sudah sesuai dengan SOP. 

"Kami menghimbau kepada wisatawan, sebelum berkunjung ke Bali agar memastikan diri dalam kondisi sehat dengan melakukan pemeriksaan kesehatan. Untuk kebaikan kita bersama pastikan diri anda sehat agar dapat menikmati keindahan alam dan budaya Pulau Dewata. Kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak panik, semoga virus corona dapat segera diatasi," ujarnya.ang/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER