Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Deklarasi Kesepakatan Damai Pilkades Serentak di Gianyar

  • 15 Januari 2020
  • 15:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 1303 Pengunjung
suaradewata.com

Gianyar, suaradewata.com - Pemilihan Kepala Desa/Perbekel serentak di Gianyar akan diselenggarakan pada 19 Januari mendatang. Untuk menjaga situasi kamtibmas, Polres Gianyar menginisiasi deklarasi kesepakatan damai dari 29 desa yang mengadakan pemilihan kepala desa, Rabu (15/1/2020).

Deklarasi Kesepakatan Damai Perbekel Serentak Tahun 2020 dihadiri langsung oleh Forkopimda Kabupaten Gianyar, Sekdakab Gianyar, Ketua panitia pemilihan se-Kabupaten Gianyar, para Calon Perbekel dan instansi terkait lainnya.

Kapolres Gianyar AKBP I Desa Made Adnyana menjelaskan, saat ini di Gianyar akan melaksanakan pemilihan perbekel serentak di 29 desa dengan jumlah calon sebanyak 77 orang. Dari segi kwantitas jauh lebih banyak dan demikian juga dengan calon perbekel di beberapa desa, animonya cukup tinggi. “Hal ini menunjukan tingginya rasa pengambdian masyarakat untuk membangun desanya melalui jalur politik sebagai penopang pembangunan Kabupaten Gianyar secara umum,” ujarnya.

Kondusifitas masyarakat hendaknya menjadi prioritas utama dan harus tetap dipelihara. Terlebih lagi dalam perhelatan politik, cenderung dapat menimbulkan gesekan antar pendukung calon yang didasari cara berpolitik tidak sehat seperti, black campaign, money politik, ujaran kebencian, hoak dan lain sebagainya. “Cara tidak sehat itu berpotensial menimbulkan keresahan dan bahkan dapat menjadi konflik sosial, untuk itu kami dari kepolisian sangat mengharapkan peran serta dari semua pihak khususnya para calon perbekel untuk dapat berpolitik secara santun dan bermartabat sekaligus dapat memberikan pendidikan politik yang baik kepada masyarakat sehingga pemahaman masyarakat dibidang politik semakin baik,” tegas AKBP Adnyana yang baru sebulan menjabat Kapolres Gianyar ini.

Sementara itu, Bupati Gianyar I Made Mahayastra yang hadir langsung menyaksikan deklarasi mengatakan, terima kasih kepada Kapolres atas atensi kegiatan pemilihan perbekel serentak 2020, Kabupaten Gianyar sudah berpengalaman dimana pada pesta demokrasi sebelumnya berjalan lancar. “Kita harus kembali membangun Kabupaten Gianyar ini di segala bidang, sehingga kita patut menjaga situasi kondusif. Saya berharap kepada 77 kepala desa jangan bermain curang dalam Pilkades ini, jangan siap menang tetapi tidak siap kalah,” kata mantan Ketua DPRD Gianyar ini.

Diakhir acara, dilakukan penanda tanganan kesepakatan damai seluruh calon perbekel, ketua panitia pemilihan dan muspika. gus/ar


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER