Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Dirjen Vocasi : Diagonal Tetra Helix Sebuah Ekosistem Baru Pendidikan Vocasi

  • 13 Januari 2020
  • 14:10 WITA
  • Nusantara
  • Dibaca: 1621 Pengunjung
istimewa

Jakarta – suaradewata.com - Setelah menyimak pemaparan latar belakang dan rencana kegiatan Diagonal Tetra Helix oleh Direktur Politeknik Negeri Bali (PNB) Nyoman Abdi, S.E., M.eCom didampingi Ketua Pusat Kerja Sama Pemberdayaan Aset dan Hubungan Internasional PNB Prof. Dr. Ir. Lilik Sudiajeng, M. Erg. dan Ketua Pelaksana Diagonal Tetra Helix Forum Dr. Ir. I Wayan Jondra, M.Si., Plt Dirjen Pendidikan Vocasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Patdono meyakini bahwa kegiatan Diagonal  Tetra Helix merupakan solusi untuk mewujudkan SDM unggul dan akan menjadi sebuah ekosistem baru pendidikan vocasi, demikian responya pada saat menerima audiensi tim PNB di kantor Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan di kawasan Senayan (13/01/2020).

Direktur PNB melaporkan permasalahan yang terjadi saaat ini belum sepenuhnya terjalin link and match antara dunia usaha dan dunia industri (DUDI) dengan institusi pendidikan, mengakibatkan banyaknya pengangguran terdidik yang tidak kompeten. Tidak kompetennya lulusan ini karena kompetensinya tidak mampu memenuhi kompetensi yang dibutuhkan oleh DUDI. Keterlibatan DUDI dalam proses pendidikan belum optimal. Hanya sebagian kecil DUDI terlibat dalam proses pembangunan SDM Unggul. Tidak adanya mekanisme yang jelas untuk melibatkan DUDI dalalm proses pendidikan. Untuk menanggulangi permasalahan tersebut PNB akan melaksanakan Diagonal Tetra Helix Forum. Forum ini merupakan forum bertemu dan berinteraksinya empat komponen besar antara lain : PNB, Pemerintah Daerah, Dunia Usaha dan Dunia Industri, serta tokoh masyarakat, untuk menyatukan komitmen  kontribusi secara aktif dalam membangun sumber daya manusia (SDM) unggul untuk Indonesia Maju berbasis Green Tourism. Tim PNB mengharapkan kehadiran dan kontribusi Kementrian Pendidikan dalam kegiatan ini demi pembangunan SDM Bali unggul berbasis green tourism.  Ketua PKPHI Prof Lilik menyampaikan bahwa sebagian yang diinginkan oleh kementerian telah lakukan oleh Politeknik Negeri Bali.

Ketua Diagonal Tetra Helix melaporkan bahwa dalam pelaksanaannya nanti pada tanggal 17 Januari 2020, forum ini akan dibuka oleh Gubernur Bali, karena beliau sangat tertarik dan setuju dengan kegiatan ini.  Kegiatan Tetra Helix akan diisi dengan diskusi yang melibatkan empat komponen tetra helix, yang terdiri atas tujuh pembicara antara lain :  Ketua Perhimpunan Hotel dan Restaurant Bali Prof Dr. Ir. Tjokorda Arta Ardana Sukawati, M.Si, Bupati Badung I Nyoman Giriprasta, S.Sos, Pengusaha Ni Luh Ary Pertami Djelantik, General Manager Apurva Kempinski Hotel and Resor Vincent Guironet, Tokoh Masyarakat Dr. drs. I Made Wena, M.Si., Kanwil Pajak Provisi Bali, serta Direktur PNB. Masing-masing pembicara akan memaparkan peran fungsi dan komitmen mereka dalam membangun SDM Ugul Berbasis Green Tourism. Untuk menyambut komitmen mereka pembicara terakhir adalah Direktur PNB. Komitmen komponen Tetra Helix ini akan dipertegas oleh tujuh pembahas. Pembahas ini juga berasal dari unsur DUDI. Selain diskusi kegiatan ini juga dirangkai dengan penandatanganan komitmen membangun SDM Unggul, pembentukan wadah dan kepengurusan Diagonal Tetra Helix Forum, dan pemberian penghargaan kepada DUDI yang telah memberikan hibah yang bersumber dari CSRnya untuk menunjang pembangunan SDM Unggul di PNB, serta penandatanganan kesepahaman tentang kerja sama bisnis antara DUDI dengan PNB.

Menanggapi hal tersebut bapak plt.dirjen sangat mendukung kegiatan ini. Kegiatan ini inline dengan kebijakan menteri saat ini. Jika PNB tidak melakukan itu maka kementerian yang akan mengambil tindakan ini. Sehingga Bapak Patdono sangat menghargai dan berkomitmen untuk hadir. Ini merupakan sebuah langkah untuk mewujudkan ekosistem baru pendidikan vocasi. Ekosistem pendidikan vocasi adalah suatu hal yang berbeda dengan pendidikan akademis. Mahasiswa pendidikan vocasi harus merdeka melengkapi dirinya dengan ilmu tambahan untuk bekal bekerja. Dengan demikian maka dosen sampai level direktur Politeknik harus memiliki kemampuan kewirausahaan untuk memahami proses bisnis di dunia usaha dan industri. Diagonal Tetra Helix yang dilaksanakan oleh PNB ini akan mejadi role model dalam pengelolaan pendidikan vocasi demikian pungkas bapak Plt Dirjen. Rls/sar

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER