Direspon Positif, Layanan Kesehatan Gratis Posbindu Ingin Ditambah

  • 12 Januari 2020
  • 18:25 WITA
  • Jembrana
  • Dibaca: 1953 Pengunjung
suaradewata

Jembrana, suaradewata.com - Sejak 2015, Pemerintah Gumi Makepung Jembrana menggelar pelayanan kesehatan gratis Posbindu (Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular ). Bahkan, layanan yang dipusatkan di areal GKBK (Gedung Kesenian Bung Karno) tiap Minggu pagi bertepatan dengan pelaksanaan CFD (car free day), rata-rata jumlah masyarakat yang dilayani sebanyak 60-80 orang sekali kegiatan.

Tidak hanya dimanfaatkan oleh masyarakat yang kebetulan mengunjungi CFD, tapi juga masyarakat umum yang memang sengaja ingin memeriksakan dirinya di Posbindu. Layanan yang paling diminati adalah pemeriksaan tekanan darah serta kolesterol. Paling banyak datang dari warga lansia. Besarnya animo warga Jembrana yang memanfaatkan layanan Posbindu itu disambut gembira Bupati Jembrana.

Bahkan Bupati Jembrana I Puu Artha  ingin jenis layanan yang diberikan ini ditambah. Di antaranya pengecekan gratis bagi ibu hamil serta pemberian vitamin tambahan (zat besi). Lantaran banyak warganya yang memanfaatkan CFD untuk refreshing. Termasuk warganya yang tengah hamil untuk jalan jalan diantar suami atau orangtuanya. Untuk itu, ingin layanan posbindu dilengkapi lagi. Khusus bagi ibu-ibu yang tengah mengandung. “Kegiatan CFD ini makin bermanfaat apabila berbagai layanan yang disiapkan OPD makin bertambah tiap tahunnya. Saya minta ditambah untuk pemeriksaan ringan bagi ibu yang tengah hamil. Jadi bisa dicek kesehatannya termasuk pemberian vitamin tambahan. Selain mereka datang ke CFD untuk refreshing, juga bisa mengontrol kesehatan kandungannya. Saya minta dinas kesehatan untuk siapkan,” kata Bupati Artha. Minggu (12/1).

Lebih lanjut, Bupati Artha mengatakan, pihaknya juga berharap OPD lainnya yang bersentuhan langsung dengan masyarakat  mengoptimalkan kegiatan CFD.  Agar program CFD ini makin dirasakan dan  kaya manfaat. Saat ini juga ada layanan masyakarat berupa pemeriksaan kesehatan hewan, perpustakaan keliling serta olahraga senam pagi dengan peserta ibu-ibu. “Tidak hanya sarana olahraga dan refreshing , tapi juga mendekatkan layanan pemerintah dengan  warganya,” jelasnya

Sementara Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa, dr Gusti  Ngurah Adnyana mengatakan Posbindu tiap minggu rutin digelar dibantu empat puskesmas diwilayah Jembrana - Negara. Secara bergiliran masing masing menurunkan 10 orang dalam  tim yang terdiri dokter, Kepala puskesmas, paramedis serta disiagakan  ambulance apabila ada kedaruratan. “Jadi pemeriksaan sifatnya deteksi dini dan bukan tergolong penyakit menular. Kalaupun ada yang beresiko kita kirimkan rujukan ke puskesmas,” tegasnya sembari mengatakan, pelayanan posbindu paling banyak diminati oleh warga lansia. Umumnya mereka rutin mengecek tekanan darah serta kolestrol. dep/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER