Gubernur Koster Harap Dermaga Benoa Jadi Ikon Baru Dunia

  • 20 Desember 2019
  • 14:50 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 1871 Pengunjung
istimewa

Denpasar, suaradewata.com - Pembangunan Dermaga Cruise Benoa sudah seharusnya mengedepankan arsitektur dan sarat akan filosofi Bali.

Penegasan tersebut disampaikan Gubernur Wayan Koster saat memimpin rapat bersama PT. Pelindo III dan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dilingkungan Pemprov Bali perihal Rancangan Pembangunan Dermaga Cruise Benoa di Rumah Jabatan Jayasabha, Denpasar.

"Sesuai yang dipaparkan tadi, rancangan pembangunan Dermaga Benoa memang sudah sepatutnya mengedepankan bangunan berkarakter Bali, jaga keartistikannya agar menggambarkan seni budaya Bali," ungkap Gubernur Koster.

Lebih jauh, Gubernur menegaskan agar desain Pelabuhan Benoa dirancang dengan konsep yang memikirkan jauh ke depan, sehingga Dermaga Benoa nantinya bisa menjadi salah satu ikon yang terkemuka tak hanya di Bali, bahkan di Indonesia serta dunia.

"Masterplannya jangan setengah-setengah, harus menjadi ikonik, Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kota Denpasar mendukung sepenuhnya. Jadi harus benar-benar dirancang secara matang," pinta Gubernur.

Seperti disampaikan pihak desainer Dermaga Cruise Benoa Pelindo III bahwa pembangunannya mengedepankan konsep spiritual, filosofis, etika dan sejarah.

Banyak konsep filosofis yang diterapkan diseluruh area dermaga, di antaranya filosofis pengurip stana Dewa Wisnu, Dewa Brahma, Dewa Baruna, Lingga Yoni, Asta Dala dan sebagainya, yang tidak hanya pada bangunan, tetapi juga warna tanaman yang disesuaikan arah mata angin sesuai kepercayaan Hindu.

Jenis tanaman yang akan menghiasi rancangan Hutan Kota di area dermaga, di antaranya tanaman pelindung, yakni bakau, tanaman upacara seperti kelapa dan tanaman keindahan.

Arsitektur khas Bali akan menghiasi area Dumping I dan II, baru memasuki kedua area tersebut pengunjung akan disuguhi pemandangan kokohnya bangunan Candi Bentar yang sangat megah.

Candi Bentar area Dumping I akan dibangun sesuai ciri khas style Bebadungan dengan mengambil referensi Candi Bentar Puri Kesiman, dan area dumping II mengambil style Karangasem dengan referensi di Pura Sakenan.

Dari keseluruhan bangunan, yang paling menonjol dan diharapkan menjadi ikon Dermaga Benoa yakni pembangunan patung ikon Baruna Kencana yang mengambil filosofi Dewa Baruna sebagai berkah kesejahteraan, yang sedang duduk di atas Gajah Mina.

"Patung inilah yang digadang-gadang bisa menjadi ikon baru bagi Bali ke depan," tegasnya. mot/sar


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER