Wabup Kembang Ingin Dongkrak Jumlah  Pengusaha Baru  Jembrana

  • 16 Desember 2019
  • 21:30 WITA
  • Jembrana
  • Dibaca: 1878 Pengunjung
istimewa

Jembrana, suaradewata.com-Ketangguhan perekonomian bisa dilihat dari rasio jumlah pengusaha dengan jumlah penduduknya. Begitu juga di Gumi Makepung Jembrana yang saat ini hanya 1,9 persen, padahal pengusaha merupakan penggerak ekonomi di suatu daerah. Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan saat memberikan Motivasi Penguatan Kewirausahaan di Gedung Kesenian Bung Karno (GKBK). Senin (16/12)

Dihadapan peserta yang merupakan siswa SMA se-Jembrana serta mahasiswa Poltek Kelautan Perikanan,  Wabup Kembang Hartawan mengatakan, di negara-negara maju memiliki jumlah pengusaha rata-rata 14 persen, sedangkan di Indonesia masih di kisaran 3,1 persen, sedangkan di Jembrana 1,9 persen. Untuk itu, di jembrana sebenarnya berbagai latar belakang bisa menjadi pengusaha asal ada niat, jeli dan berani melihat peluang. “Semisal seorang dokter bisa menjadi pengusaha, tidak hanya bekerja di rumah sakit. Dia bisa membuka apotik, klinik, bahkan bisa membuka rumah sakit swasta,” kata Wabup Kembang Hartawan

Lebih lanjut, Wabup Kembang hartawan mengatakan, selama seorang pengusaha sangat tekun dan kreatif, penghasilannya juga sangat menjanjikan. Seorang pengusaha juga harus paham dengan selera pasar dan pangsa pasarnya. Di tahun 2019 ini generasi milenial mendominasi peran pasar. “Sebagai pengusaha harus paham dengan selera pasar generasi milenial dan generasi yang akan datang. Setiap generasi mempunyai gaya hidup dan selera yang berbeda,” jelasnya.

Wabup Kembang Hartawan mencontohkan pada generasi milenial yang cendrung tertarik dengan kemasan yang apik meski sebenarnya dari segi kualitas tidak berbeda jauh dengan produk lainnya. “Seperti produk madu dari salah satu desa di Melaya, ketika dikemas dengan botol mineral bekas tentu harganya pembeli generasi milenial akan ragu membelinya. Namun ketika di kemas dengan kemasan yang apik, harganya bisa berbeda 100 ribu meski isinya sama,” ucapnya.

Dari pertemuan tersebut, Wabup Kembang sangat berharap generasi ke depan memiliki cita cita sebagai pengusaha, dan jumlah pengusaha di Jembrana selalu bertumbuh. Menurutnya, Jembrana memiliki potensi yang baik seperti coklat, kopi, kuliner, buah, yang jika di kemas dengan kreatif tentunya akan menarik konsumen untuk membeli produk.dep/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER