Disnaker Lepas 5 KK Asal Buleleng yang Transmigran ke Sumba Timur

  • 20 November 2019
  • 00:00 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 1583 Pengunjung
istimewa

Buleleng, suaradewata.com - Sebanyak 5 Kepala Keluarga (KK) dengan total 20 anggota keluarga transmigran asal Buleleng yang akan menuju ke Sumba Timur resmi dilepas. Sebelum menuju ke lokasi transmigrasi di Sumba Timur, pada Minggu (24/11/2019) mereka akan diberangkatkan menuju Denpasar untuk pemeriksaan kesehatan dan pemberian perlengkapan. Mereka resmi dilepas Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Buleleng, Ni Made Dwi Priyanti Putri Koriawan, Rabu (20/11/2019), di Aula Kantor Disnaker Buleleng.

Dwi Priyanti mengatakan, peminat program transmigrasi di Buleleng cukup banyak, tapi kuota yang disediakan sangat terbatas. Setelah dilakukan seleksi serta kelengkapan dokumen, ada 5 KK dinyatakan lulus. Bahkan, sebelum pendaftaran diterima, Disnaker terlebih dahulu mengecek lokasi yang diinfokan dari pemerintah pusat yaitu di Sumba Timur, hingga baru disosialisasikan ke masyarakat.

"Kebanyakan dari mereka ingin merubah pola hidup. Mengembangkan ilmu pertanian yang dimiliki dan harapan dapat meningkatkan derajat keluarga. Selain itu, salah satu faktor mendorong transmigran karena faktor ekonomi, ini karena sebagian besar transmigran merupakan keluarga yang kurang mampu," kata Dwi Priyanti.

Untuk dana keberangkatan transmigran ini bersumber dari pemerintah pusat. Sedangkan, tugas Disnaker Buleleng hanya mensosialisasikan dan menyiapkan transmigrannya saja. "Kami berharap semoga di daerah yang baru mereka bisa beradaptasi dengan penduduk lokal disana, tetap menjaga nama baik Buleleng," ujar Dwi Priyanti.

Sementara itu salah seorang warga transmigran, Gede Ariyasa asal Desa Galungan mengucapkan, rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemkab Buleleng karena difasilitasi. "Tujuan saya bertransmigrasi untuk menambah aset, dan merubah pola hidup yang sebelumnya di kampung. Semoga di daerah yang baru bisa lebih mengembangkan diri," tandas Ariyasa. Rik/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER