Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Jelang Pilkel Serentak, Panitia Kabupaten Siap Distribusikan Logistik

  • 26 Oktober 2019
  • 00:00 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 1400 Pengunjung
Kesibukan para panitia menyiapkan logistik Pilkel serentak tahun 2019

Buleleng, suaradewata.com - Jelang pelaksanaan Pemilihan Perbekel (Pilkel) serentak di Kabupaten Buleleng tahun 2019, Panitia Kabupaten pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Buleleng, telah menyiapkan pendistribusian logistik Pilkel ke masing-masing TPS di masing-masing desa menggelar Pilkel.

Sekretaris Panitia Pilkel Serentak Kabupaten Buleleng tahun 2019, Gusti Putu Ngurah Mastika mengatakan, untuk jadwal distribusi logistik Pilkel sudah ditentukan yakni 26 Oktober sampai 27 Oktober 2019 untuk sampai di Tempat Pemungutan Suara (TPS). "Kam ambil dua hari. Dengan waktu itu, kami rasa itu cukup untuk mendistribusikan logistik ke seluruh TPS," kata Mastika yang juga Kabid Pemerintahan Desa DPMD Buleleng.

Logistik yang dikirim, merupakan seluruh logistik yang menjadi kewajiban panitia kabupaten. Diantaranya, kotak suara, surat suara, paku, bantalan, tinta dan bilik. Khusus untuk kotak suara, jumlah yang diterima sebanyak 680 buah. Itu termasuk kelebihan yang disiapkan, jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Untuk teknis pendistribusian, panitia telah menyiapkan lima mobil untuk mengirim ke masing-masing-masing desa, yang masing-masing tim dikawal kepolisian. "Sampai di desa, antisipasi kedatangan logistik sudah ada babinsa, bhabinkamtibmas, linmas dan panitia desa," jelas Mastika.

Pilkel serentak pada tahun 2019 di Kabupaten Buleleng diikuti 79 desa dengan jumlah calon 265 orang. Untuk jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) ada sebanyak 313.614 orang, dimana laki-laki sebanyak 158.153 orang dan 155.461 orang perempuan. Sedangkan, jumlah TPS sebanyak 583.

Disinggung terkait dengan adanya keterlambatan penyediaan kotak suara oleh rekanan, menurut Mastika, kotak suara sejatinya diterima paling lambat 22 Oktober 2019. Karena kesalahan cetak pada rekanan, sehingga terjadilah keterlambatan. "Karena keterlambatan itu, rekanan sudah siap untuk membayar pinalti. Meskipun terlambat, kami tetap bersyukur kotak suara bisa datang tepat waktu sebelum jadwal pendistribusian," tandas Mastika. Rik/sar


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER