Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Sekda Winastra menghadiri Rapat Pleno Dewan Ketahanan Pangan 2019

  • 23 Oktober 2019
  • 00:00 WITA
  • Klungkung
  • Dibaca: 1423 Pengunjung
istimewa

Klungkung, suaradewata.com- Sekrataris Daerah Kabupaten Klungkung, I Gede Putu Winastra mewakili Bupati Klungkung didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Klungkung, I Wayan Durma menghadiri Rapat Pleno Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Klungkung Tahun 2019 di Ruang Rapat Dinas Pertanian Kabupaten Klungkung, (23/10).

Ketahanan pangan merupakan kondisi terpenuhinya pangan bagi masyarakat, yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya, beragam, bergizi, seimbang, dan aman, terjangkau serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat, untuk dapat hidup sehat aktif dan produktif secara berkelanjutan.

Sebagai lembaga koordinasi fungsional Dewan Ketahanan Pangan (DKP) mengemban peran dalam meningkatkan sinergitas antar organisasl perangkat daerah dan instansi terkait lainnya khususnya dalam merumuskan dan melaksanakan kebijakan serta program pangan sesuai dengan kewenangan, tugas, fungsi, dan tanggung jawab masing-masing.

Sambutan Bupati Klungkung yang dibacakan Sekrataris Daerah Kabupaten Klungkung, I Gede Putu Winastra mengatakan pangan merupakan kebutuhan pokok masyarakat, sehingga terwujudnya ketahanan pangan merupakan tanggung jawab semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat sesuai misi ketiga yaitu, menguatkan perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat melalui pemberdayaan dengan konsep kemitraan.

Pihaknya juga menghimbau untuk bersama-sama berupaya untuk memecahkan berbagai persoalan dengan langkah-langkah yakni, memantapkan ketersediaan untuk menuju kemandirian pangan, meberikan pemahaman kepada masyarakat untuk melakukan diversifikasi pangan dengan mengurangi ketergantungan terhadap bahan pangan seperti beras dan bahan pangan import,  mengembangkan sistem kewaspadaan pangan dan gizi sebagai langkah untuk melakukan deteksi dini terjadinya kasus rawan pangan dan gizi, melakukan intervensi terhadap adanya kasus-kasus gizi buruk dan kurang gizi secara cepat dan tepat, serta melakukan pengawasan dan sosialisasi kepada masyarakat tentang keamanan pangan.

"Kepada seluruh instansi terkait saya mengharapkan agar berbagai kegiatan dan penanganan masalah ketahanan pangan dapat saling berkoordinasi dengan baik sehingga mewujudkan ketahanan pangan yang tangguh dan konsisten," Ujar Sekda Winastra

Melalui rapat pleno Dewan Ketahanan Pangan ini, Bupati Suwirta mengharapkan agar dinas teknis terkait khususnya bagi koordinator pokja ketersediaan, pokja distribusi dan pokja Konsumsi dan keamanan pangan dapat merumuskan permasalahan, evaluasi dan rumusan untuk rencana tindak lanjut pembangunan ketahanan pangan di Kabupaten Klungkung.

Rumusan hasil rapat pleno ini diharapkan dijadikan sebagai bahan masukan dan pertimbangan bagi pemangku kepentingan untuk pengambilan kebijakan, penyusunan program, ataupun upaya tindak lanjut yang akan dilakukan kedepan. Selain itu diharapkan pencapaian target untuk mendorong upaya pemantapan ketahanan pangan masyarakat khususnya di Kabupaten Klungkung.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Klungkung, I Wayan Durma rapat pleno dewan ketahanan pangan ini dalam raka mewujudkan dewan ketahanan pangan yang lebih maju, merumuskan kebijakan dan mendorong aspirasi dari masyarakat untuk mendukung ketahanan pangan di Kabupaten Klungkung, serta mengevaluasi dan mengendalikan ketahanan pangan di tingkat kabupaten. Pihaknya juga berharap masing –masing pokja menyampaikan evaluasi kerja di tahun 2019 dan sekaligus merumuskan hasil yang diperoleh di tahun 2019 ini.

“Rapat pleno kali ini membahas tiga kelompok kerja yakni Pokja I Ketersediaan dari Dinas Pertanian, Pokja II Aspek Konsumsi dan Keamanan Pangan dari Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan dan  Pokja III Aspek Distribusi Pangan dari Dinas Kesehatan,” Ujar Wayan Durma.ars/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER