Buleleng Jadi Tuan Rumah JUMBARA ke-5

  • 21 Oktober 2019
  • 00:00 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 1742 Pengunjung
istimewa

Buleleng, suaradewata.com -Kawasan tepi Danau Buyan, rencananya bakal jadi lokasi Jumpa Bakti Gembira (JUMBARA) ke-5 (V) tingkat Provinsi Bali pada Juli tahun 2020 nanti. Untuk itu, Pemkab Buleleng bersama dengan PMI Buleleng terus berkoordinasi tentang persiapan acara tersebut. Hal ini terlihat saat audensi para Pengurus PMI Provinsi Bali dan PMI Buleleng ke Wakil Bupati Buleleng, Nyoman Sutjidra, Senin (21/10/2019) di ruang kerja Wabup Buleleng.

Wabup Sutjidra mengatakan, diperlukan koordinasi untuk mendukung persiapan tersebut. Menurut Sutjidra, dibutuhkan survei lokasi yang layak guna bisa menampung seluruh peserta JUMBARA nanti. Sebab, pada bulan Juli bertepatan dengan acara Twin Lake Festival (TLF).

"Selain mengenalkan keindahan wisata Buyan kepada para peserta, kegiatan ini juga untuk memupuk keterampilan kepalangmerahan generasi muda serta memupuk kader-kader PMI yang tangguh dan siaga di Bali," ujar Wabup Sutjidra.

Sutjidra mengaku, sangat mendukung kegiatan ini, apalagi Buleleng dipercaya sebagai tuan rumah pada tahun kelima pelaksanaan jumpa bakti ini. Selain lomba-lomba tentang kepalangmerahan yang akan diselenggarakan, tentu ada hal positif yang akan didapatkan oleh para peserta. Sebagai Ketua PMI, ia juga berpesan kepada para pengurus dapat memastikan waktu pelaksanaan, agar tidak berbenturan dengan agenda tahunan di Buyan.

"Kami berbicara unsur kemanusiaan. Sehingga, dalam Jumbara ini bermakna untuk meningkatkan profesionalisme dan mempererat silaturahmi sesama anggota PMR se-Bali. Jumpa bakti ini direncanakan sigelar selama tujuh hari, bertepatan musim liburan anak-anak, dan saya harap kesediaan air dan lokasi tenda diperhitungkan," kata Sutjidra.

Sementara Wakil Sekretaris PMI Provinsi Bali, Wisnu menjelaskan, dipilihnya Buleleng sebagai tuan rumah, karena daya tarik Buyan sangat mendukung lokasi perkemahan kedepan. Dijelaskan, Wisnu, ini merupakan agenda tahunan, dengan tujuan untuk membangkitakan generasi muda untuk selalu tanggap terhadap bencana alam dan sosial yang terjadi di lingkungannya serta untuk bisa membangkitkan budi pekerti.

"Kegiatan ini dilaksanakan bertepatan dengan libur sekolah, tentunya selain memproleh kegiatan sosial kemanusian, anak-anak dapat menikmati keindahan alam di Buyan. Saya sangat berharap, Buleleng yang dinilai baik, nanti dapat memberikan contoh yang positif kepada peserta lainnya," tandas Wisnu. rik/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER