Perang Sampah Plastik

  • 14 Juli 2019
  • 00:00 WITA
  • Klungkung
  • Dibaca: 2462 Pengunjung
suaradewata

Klungkung, suaradewata.com - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Ny. Ayu Suwirta kembali memimpin aksi perburuan sampah plastik, Minggu (14/7). Aksi yang diberi nama Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik ini merupakan program Pemerintah provinsi Bali yang dicetus Gubernur Bali Wayan Koster guna memerangi sampah plastik di Bali.

Dimulai pada pukul 7.30 wita ribuan peserta melakukan aksi ini diseputar Terminal Semarapura, Pasar Galiran hingga ke pemukiman penduduk di jalan Kenyeri Lingkungan Galiran hingga jalan Matahari Lingkungan Desa Kemoning, kelurahan Semarapura Klod. Kegiatan diawali dengan pelepasan ribuan peserta yang terdiri dari TNI, Kepolisian, ASN lingkungan Pemkab Klungkung serta siswa setingkat SMA/SMK di Terminal Semarapura, Galiran. Selanjutnya ribuan peserta bergerak menyebar mengambil sampah plastic yang ditemuinya.

Dalam aksinya kali ini Bupati Suwirta yang didampingi Ny. Ayu Suwirta, Sekda Gede Putu Winastra dan beberapa staf Humas dan Protokol bahkan sampai harus masuk ke got untuk memungut sampah plastic. Berkat aksinya itu pula, tercatat lima kantong besar penuh sampah plastic berhasil dikumpulkan.  “Mungkin orang mengira saya melakukan ini semua demi pencitraan, tapi kalau tidak kerja malah dikatakan tidak mau kerja, tapi biarlah mereka bicara apa, saya melakukan hal hal semacam ini sudah sejak dulu, makanya tidak canggung jika harus melakukan kegiatan bersih bersih seperti ini,” Bupati Suwirta.

Selain memungut sampah plastic, Bupati Suwirta juga menegur beberapa pelaku usaha dijalan Kecubung dan jalan Kenyeri akibat kedapatan membuang sampah plastic dan pecahan gelas diarea pertamanan dan tanah kosong. Salah seorang pemilik warung di jalan Kenyeri, I Nengah Natra menyampaikan permohonan maafnya kepada Bupati Suwirta. Nengah Narta mengaku para konsumennyalah yang membuang sampah plastic kemasan makanan ditanah kosong sebelah warungnya. Dirinya berjanji kan lebih tegas lagi melarang konsumennya membuang sampah plastik sembarangan dan menyiapkan tempat sampah bagi konsumennya.

Sementara itu kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Agung Kirana mengatakan, kegiatan ini tidak hanya dilakukan di seputar Termilal Semarapura, Pasar Galiran dan perumahan di sekitar jalan Kenyeri, namun juga dilakukan diseluruh kecamatan di Kabupaten Klungkung. Total sampah plastic yang berhasil dikumpulkan pada aksi kali ini sekitar 257kg dari empat kecamatan yang ada di kabupaten Klungkung. ars/sar


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER