Wabub Kasta Hadiri Rapat Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Desa

  • 16 Oktober 2019
  • 00:00 WITA
  • Klungkung
  • Dibaca: 1844 Pengunjung
istimewa

Klungkung, suaradewata.comWakil Bupati Klungkung Made Kasta didampingi Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung Ida Bagus Ketut Mas Ananda menghadiri Rapat Hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Tahun 2019 di Ruang Rapat Tarka Samanta Mandala Kantor Camat Banjarangkan. Turut hadir seluruh Kepala Desa se-Kecamatan Banjarangkan, Perangkat Desa, BPD, dan Lembaga Kesmayarakatan Desa serta undangan lainnya, Rabu (16/10).

Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Desa dilaksanakan untuk mengetahui perkembangan dari aspek perencanaan, Organisasi Kelembagaan Pemerintahan Desa, Akuntabilitas kinerja, Capaian kinerja, Evaluasi dan pelaporan. Dimana kemarin tanggal (15/10) sudah dilakukan monitoring di Kantor Perbekel Desa Timuhun dan di Kantor Perbekel Desa Banjarangkan yang dijadikan sample untuk monitoring dan evaluasi. 

Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta selaku Ketua tim Monev dan Evaluasi dalam arahannya mengatakan, evaluasi ini bisa menjadi wadah berdiskusi untuk saling memahami dan memperoleh formulasi yang tepat dan efektif, sehingga menentukan rangkaian arahan kebijakan pembinaan serta pengawasan terhadap pelaksanaan tata kelola pemerintah desa yang transparan, profesional, dan dipertanggungjawabkan.

"Untuk pemerintahan Desa Timuhun dan Desa Banjarangkan sudah berjalan dengan baik, tetapi kurangnya belum ada Perdes (Peraturan Desa). Hati-hati menggunakan anggaran kalau belum memiliki payung hukumnya dan Jalankan program yang sudah direncanakan serta laporkan capaiannya" Ujar Wabup Kasta

Sementara itu, Kepala Bagian Pemerintahan I Gusti Gede Gunarta mengatakan, Desa Timuhun dan Desa Banjarangkan menjadi perwakilan seluruh Desa yang ada di Kecamatan Banjarangkan untuk di jadikan sample dalam evaluasi kinerjanya. Dari empat bidang yang dimonitoring yakni, Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Bidang Kemasyarakatan, Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa dan Bidang Pemberdayaan Desa rata-rata sudah berjalan dengan baik.

"Untuk dibidang Administrasi penyelenggaraan pemerintahan desa sudah berjalan dengan baik, Mekanisma pemerintahan desa sudah berjalan dengan baik, Peraturan tata tertib sudah dilengkapi. Kedepannya pemerintahan desa supaya memanfaatkan teknologi dalam penyelenggaran pemerintahan dan jalin hubungan yang baik antar pemerintahan desa dengan BPD," Ujar Gusti Gede Gunarta. ars/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER