Hadapi Persaingan Usaha di Dunia Digital, Dinas Koperasi dan UKM Gelar Sosialisasi

  • 02 Oktober 2019
  • 00:00 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 1772 Pengunjung
istimewa

Buleleng, suaradewata.com - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Buleleng, menggelar sosialisasi dan pendampingan bagi para pelaku UKM di Buleleng. Sosialisasi yang menghadirkan narasumber Kasubdit Koperasi, UKM dan Penanaman Modal Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Ala Baster ini, sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas dalam menghadapi persaingan usaha di dunia digital.

Hadir juga dalam sosialisasi tersebut sekaligus membuka acara itu, Asisten III bidang Administrasi Umum Setda Buleleng, Gede Suyasa, yang diikuti oleh seluruh pelaku UKM dari Buleleng  pada Rabu (2/10/2019) bertempat di salah satu hotel kawasan Lovina.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Buleleng, Dewa Made Sudiarta mengatakan, sosialisasi ini dilakukan untuk memberikan gambaran mengenai kondisi usaha kecil dalam peningkatan usaha. "Harus ada pendampingan yang sistematis, melalui digitalisasi menuju UMKM go digital dan go export," ujar Sudiarta.

Asisten Administrasi Umum Setda Buleleng, Gede Suyasa menjelaskan, Pemkab Buleleng selama ini secara rutin memberikan perhatian terhadap UMKM di Buleleng, mulai dari segi permodalan, baik itu KUR, modal-modal usaha kecil dengan bunga yang sangat lunak, agar membatu UKM bersaing di pasar global.

"Saya harap, dengan sosialisasi dan pendampingan ini, pelaku UMKM dapat meningkatkan kualitas produk untuk bisa bersaing di dunia global, dan dapat meningkatkan kualitas kelembagaan, kemampuan managemen, kemampuan finance, serta kemampuan aksebilitas," harap Suyasa.

Dengan begitu nantinya, produk-produk yang dihasilkan para pelaku UKM di Buleleng dapat dipasarkan secara luas di pasar digital seperti marketplace atau e-commerce. "Ini penting untuk bisa memajukan usaha kecil agar mampu bersaing di pasar global," tandas Suyasa.rik/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER