Pemkab Klungkung Gelar Temu Wirasa di Kecamatan Banjarangkan

  • 28 Mei 2019
  • 00:00 WITA
  • Klungkung
  • Dibaca: 1837 Pengunjung
suaradewata

Klungkung Suaradewata.com- Pemkab Klungkung kembali menggelar Kegiatan Temu Wirasa, kegiatan ini merupakan  sebelumnya kegiatan ini juga sudah dilaksanakan di Kecamatan Nusa Penida beberapa waktu lalu. Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta memimpin kegiatan tersebut yang bertempat di Balai Desa Adat Nyanggelan, Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung, Selasa (28/5/2019) Pagi.

Acara dimulai dengan melaksanakan persembahyangan bersama di Pura Pujung Sari, Desa Adat Nyanglan. Temu Wirasa ini merupakan suatu kegiatan yang memiliki tujuan untuk menyerap aspirasi langsung dari masyarakat untuk memberikan saran maupun kritikan terkait Program Pemerintah Kabupaten Klungkung.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 jam lebih ini, Bupati Suwirta  memaparkan program visi dan misi  masa kepemimpinannya baik itu di bidang infrastruktur, SDM, kesehatan, pendidikan, kemiskinan maupun program lainnya. "Program yang sudah berjalan maupun yang belum berjalan, mari bersama-sama gelorakan semangat untuk membangun Pemkab Klungkung kedepan," Ujarnya kepada masyarakat

Di bidang Kemiskinan, Bupati Suwirta berharap masyarakat yang kurang mampu bisa memanfaatkan peluang program pemerintah yakni program interprenuer masuk desa ini dengan sebaik-baiknya. "Kumpulkan data masyarakat KK miskin baik yang permanen maupun yang tidak permanen agar mereka bisa mengikuti program ini dengan baik, langkah ini dilakukan agar nantinya bisa bermanfaat dan bisa menuntaskan masyarakat khususnya KK miskin," Ujar Bupati Suwirta kepada para Perbekel.

Lebih lanjut, Bupati Suwirta menambahkan di bidang pendidikan agar guru pengajar di masing-masing sekolah selalu bisa memberikan pendidikan karakter sejak dini kepada para siswa. Sarana dan prasarana di sekolah juga harus didata dengan baik. "Berikan mereka pendidikan karakter sejak dini, selalu ajarkan sopan santun dan beretika yang baik di dalam kehidupan sehari-hari," Pintanya.

Di bidang Kesehatan, data masyarakat JKN-KIS harus dikumpulkan dengan baik serta pelayanan di rumah sakit harus berjalan maksimal. "Kumpulkan data masyarakat yang belum mempunyai kartu JKN-KIS serta pelayanan di rumah sakit harus selalu berjalan dengan maksimal," Harap Suwirta.

Terkait di bidang Pertanian, program salah satu Pemkab yang sudah berjalan yakni Bima Juara harus bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat. "Manfaatkan program ini dengan sebaik-baiknya agar jangan program ini tidak berhenti sampai disini dan bisa kedepannya berjalan maksimal," sebutnya.

Terkait masalah limbah khususnya di Desa Nyanggelan, Bupati sudah menugaskan dinas Pekerja Umum (PU) agar kembali turun ke lapangan mengecek kondisi limbah. "Tolong Dinas PU segera turun ke lapangan untuk mengecek kondisi limbah, agar masalah ini cepat segera tuntas dan tidak menimbulkan dampak negatif kepada masyarakat," Tegasnya.

Penataan perform desa harus ditata dengan baik, dari penataan tampilan kebun maupun kebersihan harus selalu dijaga. "Jaga perform desa dengan baik, penataan tampilan kebun maupun kebersihan harus selalu dijaga," Harap Bupati Suwirta kepada masyarakat setempat.

Sementara itu, Bupati juga meminta agar di masing-masing Desa para Bendesa dan Perbekel segera membuat perarem bahaya nya dampak narkoba dan Kawasan Bebas Rokok (KTR). Selain itu, budaya gotong-royong di desa juga harus dijaga dengan baik. "Hal ini dilakukan bertujuan untuk mengantisipasi agar tidak terjadi dampak negatif dan bisa menjaga kerukunan pasemetonan masyarakat," Harap Suwirta.

Dalam sesi bertanya, salah satu penanya bernama Cokorde Gde Prastika Putra menyampaikan masalah pengaspalan jalan, penerangan jalan agar segera bisa ditindak lanjuti oleh pemerintah. "Masalah penerangan jalan khususnya di Desa Nyanggelan dan pengaspalan jalan agar segera bisa ditindak lanjuti oleh masyarakat," Ujarnya.

Hal demikian, langsung ditanggapi Bupati Suwirta yang sudah menugaskan Dinas terkait segara menindaklanjuti penerangan  maupun pengaslapan jalan. "Segara invertarisir dan kaji dengan baik masukan masyarakat ini sesuaikan dengan anggaran yang sudah ditentukan," Pintanya kepada masing-masing OPD yang membidangi.

Acara tersebut juga dihadiri Asisten Bidang Perekonomian dan Pemerintahan Kabupaten Klungkung Luh Ketut Ari Citrawati, Camat Banjarangkan I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya, seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Perbekel se-Kecamatan Banjarangkan, Jero Bendesa serta masyarakat setempat. ars/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER