Saka Bakti Husada Kwartir Cabang Badung Diharapkan Menjadi Kader Kesehatan

  • 10 Mei 2019
  • 00:00 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 2032 Pengunjung
suaradewata

Badung,suaradewata.com - Saka Bakti Husada Kwartir Cabang Badung yang merupakan kelompok pramuka Tegak Dega, yang mempunyai misi dan ingin menyalurkan minat serta bakat dalam bidang kesehatan mulai berperan di Dinas Kesehatan Kabupaten Badung. Dalam Gerakan Badung Sehat pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (Garba Sari) yang dilaksanakan di balai pesamuhan Banjar Delod Sema, Desa Kekeran, Kecamatan Mengwi Jumat (10/5/2019). Saka Bakti Husada yang merupakan perserta didik SMA/SMK se Kabupaten Badung itu ikut mensosialisasikan bagaimana penyakit kekurangan gizi yang diderita anak.

Siswa yang berada di gugus depan ini pun diharapkan menjadi kader kesehatan untuk generasi milenial dan juga masyarakat Badung. Dalam Saka Bakti Husada Kwartir Cabang Badung ini terdapat enam krida diantaranya, bergerak dalam bidang lingkungan, Penyakit menular, penyakit tidak menular, Kesehatan Ibu, Kesehatan Anak, KB dan juga gizi. Ketua Pimpinan Saka Bakti Husada Kwartir Cabang Badung, Dr.I Wayan Darta yang merupakan Kabid Kesehatan Masyarakat di Dinas Kesehatan Badung mengatakan Pramuka yang di bentuk di Dinas Kesehatan itu nantinya akan menjadi kader kesehatan yang akan menyebar informasi di Bidang kesehatan. Dengan jumlah peserta sebanyak yang 102, ia mengaku semua generasi melenial akan mendidik lingkungannya untuk ikut menjaga kebersihan lingkungan terutama dalam kesehatan lingkungan dan masyarakat.

"Nanti mereka akan jadi konselor sebaya, sehingga mereka yang memberikan informasi kepada kita, kenekalan remaja yang dialami masyarakat di sekitarnya apa, seperti menjadi intelnya," ucap Darta, Jumat, (10/05/2019).

"Awalnya dilantik 50 kader pada tahun 2018, kita mengajak tidak hanya sekedar ikut, tapi juga ada tahap seleksi, jadi kami memilih mana anak muda yang benar benar ikut pada bidang kesehatan," ujarnya. 

Ia menerangkan, bahwa pihaknya juga mengaku, untuk siswa pramuka yang meminat bergerak dalam bidang kesehatan Kabupaten Badung, masih membuka peluang untuk ikut bergabung dalam Saka Bakti Husada Kwartir Cabang Badung untuk membangun Kabupaten Badung. Dimana satuan Saka Bakti Husada Kwartir Cabang Badung  itu pun diharapkan mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan membantu percepatan pencapaian cakupan upaya kesehatan. Dalam hal ini sebagai pelopor hidup bersih dan sehat dan menjadi kader penggerak pembangunan kesehatan.

"Dalam Garba Sari ini mereka akan ikut, melihat dilingkungan sekitarnya terkait dengan ibu hamil, selain itu ikut mensosialisasikan bagaimana yang harus dilakukan ibu hamil dan apa yang semestinya dikonsumsi untuk kesehatan kandungannya, hingga makanan pendaping yang harus diberikan ketika anak berusia 2 tahun," terangnya.ang/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER