Hut Bangli Ke-815, Pemkab Bangli Gelar Persembahyangan Bersama DI Pura Kehen

  • 30 April 2019
  • 00:00 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 1885 Pengunjung
suaradewata

Bangli, suaradewata.com - Mengawali rangkaian kegiatan HUT Kota Bangli ke 815 Sekretaris Daerah Kab. Bangli Ida Bagus Gde Giri Putra  didampingi pimpinan OPD dan ASN di lingkungan Pemkab. Bangli melaksanakan persembahyangan bersama di Pura Kehen Bangli, Selasa (30/4).

Pada kesempatan itu Sekda Ida Bagus Gde Giri Putra menyampaikan, tujuan persembahyangan bersama ini untuk memohon penugrahan sinar suci Ida betara sakti yang berstana di Pura Kehen  dalam rangka mengawali pelaksanaan perayaan hut kota Bangli yang ke 815.  Sekda Giri menceritakan , sesuai dengan prasasti Kehen bawasannya pada jaman kerajaan saat kerajaan Bangli diserang, beliau (raja bangli) mendapatkan anugrah di pura Kehen ini. Dari anugerah itulah raja Bangli secara perlahan dapat mengusir penyerang sehingga kerajaan Bangli tetap bertahan dan terbentuknya kota Bangli tak terlepas juga dari prasasti Kehen," ujarnya. 

Lanjut diceritakan, pada saat beliau (raja bangli)  berkuasa, Desa Bangli dulu terkena penyakit dan lain sebagainya, sampai raja Bangli pada waktu itu  mengeluarkan bisama agar orang orang Bangli kembali ke Bangli untuk membangun Bangli. Dan inilah momentumnya sebagai dasar untuk pelaksanaan Hut Bangli , sehingga dari dasar inilah kita Pemerintah Kabupaten Bangli , mengawali pelaksanaan ini dengan memohon anugrahnya kehadapan beliau agar limpahan karuniaNya selalu menyertai kita semua yang didasari atas rasa bakti pengabdian kita pada kabupaten Bangli. "Intinya kita memohon Ida Betara memberikan selalu limpahan rahmat dan karunianya kepada Daerah Bangli sehingga segala bentuk pelaksanaan kegiatan  dan tatakelola pemerintahan pembangunan masyarakat Bangli dapat berjalan dengan  baik," ungkapnya. Dirinya  pun merasa bangga, sebab hampir seluruh aparatur sipil negara (ASN) dan seluruh sekolah  sekolah mulai dari SD sampai SMA/SMK yang ada di kota Bangli ikut dalam kegiatan ini.

Lanjut disampaikan Sekda Giri Putra, sesuai edaran yang dibuat ,yang ada dikota Bangli ini tempatnya ditentukan di Pura Kehen sesuai dengan prasasti Kehen. Kalau di kecamatan kecamatan lain sudah ditentukan dari masing masing kecamatan. Termasuk himbauan juga disampaikan kepada sekolah sekolah agar  melakukan persembahyangan di sekolahnya masing masing dan termasuk saudara saudara  masyarakat kita yang beragama diluar hindu , seperti Islam , kristen , Budha, Katolik,  untuk melakukan persembahyangan bersama sesuai dengan keyakinan dan tempat ibadah masing masing  guna  memohon bersama untuk kabupaten Bangli agar segala bentuk kegiatan dari rangkaian acara ini dapat berjalan sesuai harapan.ard/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER