Tidak hanya Bedah Rumah, Badung Programkan Bedah Warung

  • 28 April 2019
  • 00:00 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 2144 Pengunjung
google

Badung, suaradewata.com  -Menjamurnya sejumlah toko modern di kawasan wilayah Badung, sangat dirasakan penduduk di Gumi Keris Badung yang hanya mampu membuka warung kecil.

Bahkan tak jarang terpantau di wilayah Kuta Utara banyak ditemui warung kecil milik warga diapit dua toko modern yang menyediakan layanan paket WiFi geratis.

Menghadapi ini, Pemkab Badung akan memikirkan kedepannya tidak hanya bedah rumah tetapi juga akan diprogramkan untuk bedah warung.

Sujatinya tentang wacana bedah warung ini sempat diungkapkan dalam rapat paripurna DPRD Badung beberapa waktu lalu. Saat itu Dewan merekomendasikan eksekutif agar melakukan bedah warung.

Disebutkan bantuan bedah warung ini mirip dana usaha ekonomi produktif (UEF) yang selama ini sudah berjalan. Program tersebut dipandang perlu agar warung-warng tradisional di pedesaan tetap mampu bertahan dan bersaing. 

“Pemerintah perlu memikirkan strategi yang jitu, baik dari segi kebijakan, pembinaan dan payung hukum yang jelas, sehingga partisipasi masyarakat UMKM dan warung tradisional dapat bertahan, salah satunya dengah bedah warung,”   ungkap Ketua DPRD Badung, Putu Parwata.

Menurutnya, program tersebut dapat diwujudkan melalui Dinas Koperasi dan UKM agar memberikan bantuan modal kepada UMKM dan warung-warung sebagai stimulus, sehingga mampu bersaing dengan pasar modern.  

“Dengan bantuan ini diharapkan mampu memberikan kontribusi terhadap PDRB Badung dan mengurangi pengangguran serta kemiskinan,” katanya.

Sementara itu, Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta sendiri mengakui tengah menyusun program bedah warung. Kata dia bantuan UMKM yang diberikan ini akan disesuaikan dengan kebutuhan dan keuangan daerah.

“Ke depan bedah warung ini akan mendapatkan penguatan modal untuk usahanya dan dana perbaikan warung. Misalkan tempatnya agar higienis, kursinya bagus ada bak sampahnya,” tukasnya.mot/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER