Woow... Dua Partai Diprediksi Angkat Koper di Dewan Sanggulan

  • 21 April 2019
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 37834 Pengunjung
suaradewata

Tabanan, suaradewata.com - Pasca pemilu serentak tahun 2019 pada hari Rabu,  (17/04/2019), khususnya pemilihan Calon DPRD Kabupaten Tabanan kini diprediksi dua partai angkat koper di Dewan Sanggulan.  Meski belum adanya pengumuman resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tabanan, beredar kabar bahwa 2 Partai akan diprediksi angkat koper. Partai tersebut diprediksi Partai Demokrat dan Partai Hanura diprediksi tidak memiliki wakil rakyat.

Kursi di Dewan Sanggulan yang jumlahnya 40 kursi kini diprediksi berhasil direbut oleh 31 Calon Legislatif (Caleg) dari Partai PDI Perjuangan. Hal itu diungkapkan sebelumnya oleh Ketua DPC PDIP Tabanan, I Komang Gede Sanjaya mengaku para kader PDIP Tabanan dipastikan akan 'memerahkan' DPRD Kabupaten Tabanan dalam periode 5 tahun kedepan. Berdasarkan data yang diperoleh, 31 caleg tersebut tersebar di keempat dapil yang ada di Tabanan. Dapil I sebanyak 8 orang, Dapil II sebanyak 8 orang, Dapil III sebanyak 7 orang dan Dapil IV sebanyak 8 orang. 

Untuk 31 Caleg dari Partai PDI Perjuangan tersebut pada Dapil 1 diprediksikan akan diduduki oleh I Made Dirga, I Gusti Komang Wastana,  I Gede Putu Desta Kumara, I Wayan Widnyana, Ni Made Rahayuni, Ni Made Rai Santini, I Wayan Lara dan Ir. I Ketut Arsana. Untuk Dapil II diprediksikan akan diduduki oleh A.A. Nyoman Dharma Putra, I Gede Purnawan, I Gusti Nyoman Omardani, I Wayan Eddy Nugraha Giri, I Made Muskadana, I Made Suardika, Ni Made Suryani dan Ni Nyoman Ayu Wahyuni. 

Sedangkan untuk Dapil III diprediksikan akan diduduki oleh I Nyoman Arnawa, Ir. I Wayan Tamba, Ni Made Dewi Trisnayanti, I Gede Nyoman Oka Arsana, I Nyoman Suadiana, I Nyoman Suta dan I Gusti Ngurah Mahardika. Dan untuk Dapil IV diprediksikan akan diduduki oleh I Putu Eka Putra Nurcahyadi, I Wayan Sudiana, Putu Yuni Widyadnyani, I Made Edi Wirawan, I Made Suarta, Drs. I Gusti Ngurah Mayun, A.A. Sagung Ani Ariani dan Ni Luh Wayan Dewi Marheni. 

Lalu siapa caleg sisanya yang akan memenuhi 40 kursi tersebut selain Partai PDI Perjuangan? Dari penelusuran media suaradewata.com, Sabtu, (20/04/2019), berhasil dihimpun hasil sementara bahwa diprediksi ada 9 Caleg diluar Partai PDI Perjuangan yang akan menduduki kursi tersebut. Yakni 4 Caleg dari Partai Golkar yang diprediksi menduduki kursi di Dewan Sanggulan, 4 Caleg dari Partai Nasdem yang diprediksi menduduki kursi di Dewan Sanggulan dan 1 Caleg dari Partai Gerindra yang diprediksi menduduki kursi di Dewan Sanggulan. 

"Partai PDI Perjuangan diprediksi terbesar rebut kursi di Sanggulan, sisanya diprediksi dari Partai Golkar dan Partai Nasdem, sedangkan untuk Dapil 4 diprediksi setelah Partai Golkar dan Nasdem selanjutnya Partai Gerindra," ujar sumber yang enggan dimediakan, Sabtu, (20/04/2019).

Meski belum ada pengumuman resmi dari KPU Tabanan, sumber menegaskan itu hanya sebatas perkiraan/prediksi karena masih belum pleno. "Belum berani memastikan secara resmi ya, itu baru prediksi, nanti resminya dari KPU yang mengumumkan," tegasnya.

Menariknya, meski baru diprediksi, selain Partai PDI Perjuangan yang menduduki kursi di Dewan Sanggulan, akan diprediksi lagi 3 Partai lainnya yang akan menemani Partai PDI Perjuangan di Dewan Sanggulan. Partai lainnya tersebut yakni Partai Golkar, Nasdem dan Gerindra. Menurut informasi sementara diprediksi untuk Dapil 1 (Tabanan - Kerambitan) dari 10 kursi diduduki oleh 8 Caleg dari Partai PDI Perjuangan, sisanya 1 Caleg Partai Golkar dan 1 Caleg Partai Nasdem, begitu juga dengan Dapil 2 (Pupuan - Selemadeg Timur -Selemadeg - Selemadeg Barat) dari 10 kursi diprediksi diduduki oleh 8 Caleg dari Partai PDI Perjuangan dan sisanya 1 Caleg dari Partai Golkar serta 1 Caleg Partai Nasdem.

Untuk Dapil 3 (Penebel - Baturiti) dari 9 kursi diprediksi diduduki oleh 7 Caleg dari Partai PDI Perjuangan dan sisanya 1 Caleg Partai Golkar serta 1 Caleg Partai Nasdem. Sedangkan untuk Dapil 4 (Kediri-Marga) dari 11 kursi diprediksi diduduki 8 Caleg dari Partai PDI Perjuangan, sisanya lagi 3 Caleg dari 3 Partai. Dan diprediksi dari ke 3 Caleg tersebut yakni dari Partai Golkar, Nasdem dan Gerindra. 

"Untuk dapil (4) ini, Partai Gerindra diprediksi 1 Caleg akan menduduki kursi di Sanggulan," terang sumber. 

Sebelumnya, 40 kursi DPRD Tabanan pada tahun 2014 untuk kursi PDIP Tabanan sebanyak 22 kursi,sedangkan Partai Golkar meraih 6 kursi dan Partai Demokrat meraih 4 kursi. Sementara Partai Hanura mampu meraih 2 kursi, Partai Gerindra mampu meraih total 4 kursi. Begitu juga Partai Partai Nasdem mampu merebut 2 kursi.

"Sekarang diprediksi Partai Golkar berkurang lagi 2 kursi menjadi 4 kursi, Partai Nasdem bertambah 2 kursi menjadi 4 kursi, dan Partai Gerindra berkurang lagi 3 kursi menjadi 1 kursi," imbuhnya. 

"Diprediksi yang akan hilang nanti Partai Demokrat dan Partai Hanura di Dewan, jadi ini baru prediksi belum resmi dari KPU ya," paparnya. 

Ketua PPK kecamatan Kediri I Wayan Sukaarta saat dikonfirmasi terkait hal tersebut bahwa untuk suara sementara di Kecamatan Kediri ia mengaku belum bisa memberikan keterangan resmi. Namun ia hanya bisa memberikan hanya sebatas perkiraan bahwa Partai PDI Perjuangan kemungkinan lolos 8 Caleg, Partai Golkar 1 Caleg, Partai Nasdem 1 Caleg dan Partai Gerindra 1 Caleg. 

"Itu suara sementara dan masih diperkirakan untuk di Kecamatan Kediri, untuk Partai Demokrat kemungkinan tidak mendapatkan kursi," ucap Sukaarta. 

Sementara, Ketua PPK Kecamatan Marga I Nyoman Ngurah saat dikonfirmasi terkait hasil suara sementara di Kecamatan Marga, ia pun belum berani memberikan keterangan maupun berandai-andai. Terkait kabar adanya prediksi tersebut, bahwa menurut Ngurah prediksi/keterangan itu mungkin diluar sana bisa mereka punya data penyanding, saksi-saksi dan dari segala macam. Meskipun datanya sama, ia mengaku tidak boleh memberikan keterangan.  

"Nanti sesuai data, belum berani beropini, biar ndak salah, real nya mengumpulkan C1, nanti C1 itu yang kita plenokan, sekarang belum bisa memberikan keterangan," kata Ngurah. 

Salah satu Partai yang diprediksi akan menemani Partai PDI Perjuangan di Dewan Sanggulan yakni Partai Nasdem, menurut Sekretaris Partai Nasdem Kabupaten Tabanan, I Made Putrayadi yang juga merupakan Caleg Partai Nasdem nomer urut 2 untuk Dapil 4 saat dikonfirmasi terkait suara sementara untuk Caleg yang lolos ke Dewan Sanggulan juga mengatakan hal yang sama sesuai yang diprediksikan tersebut. Untuk Partai Nasdem ia akui bertambah 2 kursi untuk di Dewan Sanggulan dan masing-masing Dapil mendapat 1 kursi, sehingga menjadi 4 kursi.  

"Kita prediksi 4 kursi, dari masing masing dapil per kursi, sebelumnya 2 kursi dari dapil 4 dan dapil 3, ini baru prediksi sebelum pengumuman resmi dari KPU," ungkap Putrayadi kepada media suaradewata.com.

Putrayadi menerangkan, untuk Partai Nasdem sendiri pada Dapil 1 (Tabanan - Kerambitan) diprediksi akan diduduki antara Ir. Gde Sudiartha atau I Wayan Sutarma. Untuk Dapil 2 (Pupuan - Selemadeg Timur -Selemadeg - Selemadeg Barat) diprediksi diduduki oleh I Ketut Loka Antara dan ini masih belum pasti karena masih melihat suara di PDI Perjuangan. "Kalau dari Nasdem pasti Loka Antara, itu masih prediksi," ujarnya. 

Untuk dapil 3 (Penebel - Baturiti) yang berpontensi akan menduduki kursi di Dewan Sanggulan diprediksikan antara I Wayan Sarjana atau I Gusti Ngurah Sanjaya. Sedangkan untuk Dapil 4 (Kediri - Marga) diprediksikan Ida Ayu Ketut Candrawati yang akan menduduki kembali kursi di Dewan Sanggulan.

"Dapil 4 sendiri diperoleh incumbent Ibu Dayu, Kalahnya kita (dirinya) karena Jokowi efek dan program satu jalur, selaku sekretaris kita merasa Nasdem dapat diterima di masyarakat selaku Partai menggaungkan perubahan dan politik tanpa mahar," paparnya. 

Putrayadi menambahkan, ia juga memprediksikan untuk Partai Golkar pada Dapil 4 diprediksikan antara Drs. I Made Sutaya antara I Wayan Gindera yang akan menduduki kursi di Dewan Sanggulan. Sedangkan untuk Partai Gerindra diprediksikan Ir. Ni Nengah Sri Labantari yang akan maju ke Dewan Sanggulan. 

"Ya kita berharap saja terkait banyaknya kursi oleh PDIP itu sehingga Legislatif dan Eksekutif bisa memajukan Tabanan," imbuhnya.ang/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER