Belajar Tata Kelola Keuangan, Perangkat Desa Kabupaten Jembrana Kunjungi Desa Campur Darat Tulungagu

  • 12 Oktober 2018
  • 00:00 WITA
  • Jembrana
  • Dibaca: 3206 Pengunjung
suaradewata

Jembrana,suaradewata.com - Meski telah berhasil menorehkan prestasi diperingkat kedua tingkat Nasional dalam pengelolaan dan pemanfaatan dana desa, namun upaya untuk melakukan pembenahan dan penyempurnaan terus dilakukan. Dibawah koordinator Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa(PMPD) Kabupaten Jembrana, selama 4 hari(9-12/10), para perangkat desa mulai dari Sekretaris hingga para Kaur desa di ajak  untuk belajar tentang pemanfaatan  anggaran yang dikucurkan oleh pemerintah pusat. Objek yang menjadi sasaran oleh para perangkat desa dari Bumi Mekepung itu yakni, desa Campur Darat kecamatan Campur Darat Kabupaten Tulungagung-Jatim.

Rombongan yang dipimpin Kepala Seksi Perencanaan, Perkembangan dan Evaluasi Desa/Kelurahan pada Dinas PMPD Kabupaten Jembrana, Erwin Bahana diterima oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Tulungagung, Eko Asistono, Camat Campur Darat Agung T, Kepala desa Campur Darat Dul Jalal serta segenap perangkat desa setempat, bertempat di aula pertemuan desa Campur Darat, Rabu(10/10).

Kadis PMD Kabupaten Tulungagung, Eko Asistono mengaku, kalau keberhasilan dalam pemanfaatan dana desa, dalam merealisasikannya, pihaknya selalu mengikuti petujuk serta pedoman yang ada. “Sejak dana dsa dikucurkan ke desa, kami dalam merealisasikannya itu tetap mengacu kepada aturan dandalam pengelolaan dan pemanfaatan dana desa yang di  edoman yang ada. Agar pemanfaatannya itu tepat guna dan tepat sasaran, perencanaan itu mulai dari masukan dan perencanaan ditingkat  dusun yakni Musyawarah di tingkat dusun, musdes  di tingkat desa, kecamatan bahkan musrenbang pembangunan di tingkat Kabupaten. Dalam realisasi program ditingkat desa itu Camat harus mengawasinya. Yang penting ikuti ketentuan dan jangan sama sekali melanggar aturan yang telah ada. Dana desa mutlak untuk digulirkan di desa sehingga hasilnya dapat memberikan  manfaat yang sebesar-besarnya untuk masyarakat  “ujarnya.

Eko Asisto juga mengapresiasi kunjungan para perangkat desa dari Kabupaten Jembrana. “Saya salut dengan para perangkat desa dari Kabupaten Jembrana. Kita(Kabupaten Tulungung) dengan para perangkat desa  dari Kabupaten Jembrana dalam mengimplementasikan dana desa itu mungkin hasilnya beda-beda tipis. Hal ini disebabkan Kabupaten Jembrana berada di urutan kedua di tingkat Nasional sedangkan kami dari 257 desa  di Kabupaten Tulungagung untuk pengelolaan dana desa berada di urutan pertama, “kata Asisto.

Seusai acara  tukar cindramata, Kasi Perencanaan, Perkembangan Dan Evaluasi Desa/kelurahan pada Dinas PMPD, Erwin Bahana mengatakan, dipilihnya desa Campur Darat kecamatan Campur Darat Kabupaten Tulungagung sebagai objec kunjungan lantaran mampu meraih peringkat pertama di tingkat Nasional, “kunjungan kerja para perangkat desa Kabupaten Jembrana ini sudah tentu bertujuan untuk meningkatkan kwalitas Sumber Daya Manusia(SDM). Meskipun kita berhasil meraih peringkat kedua tingkat nasional dalam pengelolaan dana desa, namun upaya perbaikan dan pembenahan terus kita lakukan. Salah satunya dengan peningkatan kwalitas sumber daya manusianya(SDM) para perangkat desa itu sendiri melalui kunjungan kerja ini. Banyak ilmu yang kita dapatkan disini(desa Campur Darat). Setelah melakukan study banding ini, kita harapkan para perangkat desa kita(Jembrana) akan lebih memahami secara detail aturan mainnya, baik dalam perencanaan termasuk dalam mengimplentasikan pengunaan dana desa itu sendiri, “tegasnya.

Selain melajar tentang pemanfaatan dana desa, rombongan para perangkat desa yang berjumlah 160 orang juga sempat melihat keberhasilan kelurahan Jambangan  kecamatan Jambangan Kota Surabaya dalam pemilahan dan pengolahan sampah serta limbah yang sempat mendapat penghargaan sejak 2011-2018 dari pemerintah daerah termasuk pemerintah pusat.

Rombongan yang diterima Camat Jambangan, AnaFajriatin dan Lurah Jambangan Idnun Masrufah, Kamis(11/10). Sebelum rombongan perangkat desa dari Kabupaten Jembrana diajak untuk melihat dari dekat tentang pemilahan, pengolahan limbah dan sampah, acara diawali dengan tukar menukar cindramata dari pemerintah Kabupaten Jembrana yang di wakili Kepala Seksi seksi perencanaan dan evaluasi perkembangan desa/kelurahan, Erwin Bahana kepada Camat Jambangan, Ana Fajriatin.dep/aga


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER