Tingkatkan SDM ASN, Pemkab Karangasem Gelar Lomba Cerdas Cermat Kepegawaian

  • 13 Agustus 2018
  • 00:00 WITA
  • Karangasem
  • Dibaca: 3536 Pengunjung
istimewa

Karangasem, suaradewata.com - Reformasi birokrasi di era keterbukaan ini belum bisa disikapi secara optimal oleh ASN-PNS karena masih ada sebagian di antara kita terbelengu dengan pola lama sehingga kulit menerima perubahan.  Fakta dilapangan ditemukan PNS lupa/terlambat mengurus haknya seperti Kenaikan Pangkat, Kenaikan Jabatan,  Kenaikan Gaji Berkala,  Taspen,  mengurus KPE,  Karis/Karsu,  PI dan bahkan lupa/terlambat mengusrus pensiunannya. 

Di sisi lain masih ditemukan PNS yang melanggar kewajibannya seperti saling terlambat masuk kantor/malas,  sering tidak masuk kantor,  sering ijin,  melanggar hukum,  menghujat tanpa dasar,  membocorkan rahasia negara, mengingkari kode etik ASN dan lain-lain. Disadari untuk tidak semua perilaku ini akan merugikan dirinya dan negara. 

Hal tersebut disampaikan Kepala BKPSD Kab. Karangasem Gusti Gede Rinceg.  Ia menyebutkan,  berdasarkan penelusuran dan pencermatan BKPSD Kab. Karangasem disimpulkan sementara bahwa prilaku ASN tersebut terjadi karena kurangnya pemahaman dalam manajemen kepegawaian sehingga perlu dibuatkan inovasi pembelajaran diantaranya melalui "Lomba Cerdas Cermat Kepegawaian". 

Gusti Rinceg mengatakan, disamping untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-73 tahun 2018, Lomba Cerdas Cermat Kepegawaian,  adalah merupakan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan aparatur pengeloka kepegawaian. Baik dalam keterampilan managerial maupun sikap mental dari masing-masing peserta, sehingga nantinya mereka mampu untuk melakukan tugas-tugas pelayanan kepegawaian dengan baik. 

 Ia menyampaikan,  sistem yang di gunakan dalam lomba ini yaitu dengan menggunakan  Aplikasi Kahoot. Aplikasi ini dimodivikasi dari game permainan anak-anak atas prakarsa Staf BKPSDM,  Kadek Bayu Sriarsa. 

"Lomba ini dilaksanakan untuk memenuhi arahan dan kebijakan Ibu Bupati pada saat memberikan pengarahan Bimtek Administrasi Kepegawaian di UPTD. SKB Amlapura di Jasri lalu.  Mengingat keterbatasan kemampuan kami maka Lomba ini di laksanakan bekerjasama Kanreg X BKN Denpasar dan PT. Bank Mandiri Taspen Cabang Karangasem" ujarnya. 

Sementara itu, Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri usai membuka lomba cerdas cermat ini mengatakan,  dalam era keterbukaan ini tidak ada alternatif lain lagi bagi para OPD untuk dapat berkompetisi dalam melaksanakan tugas-tugas pelayanan. Kecuali dengan penyiapan Sumber Daya Manusia yang tangguh,  mampu,  bermutu dan mempuni dalam bidang tugasnya. Jika tidak maka ASN akan tertinggal dari perkembangan jaman. 

Dan hal ini sangatlah penting untuk diketahui,terlebih bagi para pengelola administrasi kepegawaian di masing-masing OPD sehingga nantinya dalam melakukan pelayanan tidak terjebak pada pola-pola inkonstitusional dan primodialisme. Karena sebagai pelayan publik ASN dituntut untuk mampu memberikan pelayanan yang baik dengan mengembangkan kreativitas yang penuh inovatif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. 

Mas Sumatri berharap,  melalui kesempatan ini kepada semua peserta lomba untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan penuh semangat dan mampu bertindak sportif,  sehingga kegiatan lomba ini dapat berlangsung dengan baik dan lancar sehingga dapat memberi manfaat dalam melalukan tugas dan fungsi sebagai pelayan masyarakat dan mensukseskan Nawa Satya Dharma.

Peserta Cerdas Cermat diikuti oleh 40 OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karangasem dengan peserta sebanyak 120 orang pegawai yang menangani/membidangi Urusan Kepegawaian.  Materi Cerdas Cermat ini meliputi pengelolaan administrasi kepegawaian dan pengetahuan umum. Keluar sebagai juara I DP3A, Juara II Inspektorat dan Juara III RSUD Karangasem.nov/rls/Adv/aga


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER