Jalan TMMD Sebentar Lagi Terwujud, Warga Merasa Sangat Terbantu

  • 30 September 2017
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 2801 Pengunjung
suaradewata.com

Gianyar, suaradewata.com– Pembukaan akses jalan baru antara dusun Tangkup menuju dusun Timbul sepanjang 1,65 kilometer melalui program TMMD ke-100, pengerjaannya kini hanya tinggal 350 meter. Dengan terbuka akses ini diharapkan nantinya memperlancar perekonomian di dua dusun tersebut.

Setelah dibuka oleh Bupati Gianyar AA. Gde Agung Bharata dan disaksikan oleh Kasdam IX/Udayana Brigjen Stephanus Tri Mulyono beberapa hari lalu, pekerjaan pembuatan jalan selebar 7 meter dan panjang 1.650 meter antara Dusun Tangkup dan Dusun Timbul terus dikebut. Dari pantauan Sabtu (30/9), akses yang telah dibuka dengan menggali perbukitan sepanjang 1.300 meter. Penggalian dengan alat berat ini dilakukan dari 2 titik lokasi yakni dari arah dusun Tangkup sepanjang 1.150 meter dan dusun Timbul 150 meter. “Kesulitan dalam pengerjaan jalan ada di 650 meter dari dusun Tangkup, karena perbedaan tinggi galian terlalu ekstem, perlu improvisasi supaya tanah tidak longsor. Titik kesulitan yang sudah teratasi, dalam beberapa hari penggalian dari 2 titik ini sudah bisa ketemu,” ungkap Dansatgas TMMD ke-100 Letkol Kav. Asep Noer Rokhmat saat ditemui dilokasi, Sabtu (30/9).

Jika penggalian untuk pembuatan jalan telah selesai, pengerjaan selanjutnya adalah pembuatan parit disisi jalan sebagai saluran air. Pembuatan parit ini untuk mengantisipasi jika terjadi hujan yang bisa menyebabkan longsor badan jalan yang sudah terbentuk. “Air yang mengalir dari sandaran tebing jika terjadi hujan bisa diarahkan melalui parit sehingga air tidak mengalir ke badan jalan,” ujar Dandim 1616/Gianyar ini.

Sementara itu Kepala Wilayah (Kawil) Desa Timbul Edi Andana mengatakan, pembuatan jalan dari Program TMMD sangat berguna bagi warganya. Karena, sebelum adanya pembukaan jalan tersebut harga-harga hasil panen relative murah. “Biaya angkut dari bawah lebih mahal dari harga barang,” jelasnya.

Semenjak adanya jalan TMMD, mempermudah pengangkutan hasil pertanian dan perkebunan warga, tidak terkendala dibiaya angkut. Dengan begitu perekonomian warganya sangat terbantu. “Warga juga terbantu dengan adanya jalan ini saat ada aktivitas upacara keagamaan, kami sangat berterima kasih kepada TNI yang telah membuka jalan ini melalui TMMD,” tambahnya. gus/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER