Pemutaran Film G30S/PKI Serentak 3 Lokasi di Gianyar

  • 30 September 2017
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 3081 Pengunjung
suaradewata.com

Gianyar, suaradewata.com - Salah satu upaya untuk memberikan edukasi terhadap sejarah yang perlu diketahui generasi muda saat ini adalah menyaksikan secara bersama film drama dokumenter Penumpasan Pemberontakan G30S/PKI. Kodim 1616/Gianyar mengajak masyarakat Gianyar menonton bersama-sama film dari sutradara Arifin C Noer itu serentak di 3 lokasi di Gianyar, Jumat (29/9) malam.

Kegiatan Nonton Bareng film ini dilakukan di Gianyar dengan lokasi antara lain di Makodim 1616/Gianyar yang mayoritas penonton dari kalangan pelajar, puluhan warga desa di lokasi TMMD ke-100 di Banjar Tangkup, Desa Pupuan, Tegalalang dan sekitar 370 jemaah di Masjid Nurul Yaqin Semebaung, Desa Bedulu, Blahbatuh.

Dandim 1616/Gianyar Lekol Kav. Asep Noer Rokhmat mengatakan, tujuan dari Nonton Bareng ini salah satunya merupakan bentuk kegiatan agar generasi muda tidak terpengaruh dengan upaya pengkaburan sejarah pengkhianatan PKI (Partai Komunis Indonesia) terhadap Bangsa Indonesia. Selain itu agar generasi muda sendiri lebih waspada terhadap bahaya latent komunis yang dapat muncul dengan berbagai bentuk. Sehingga dari upaya yang telah dilakukan, harapan kedepannya khusus generasi muda dan semua pihak, dapat mengantisipasi semua bentuk paham yang beraliran komunis yang dapat mengganggu keberadaan 4 Konsesus dasar (Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI) di Indonesia. "Kita menonton film ini karena ada sejarah yang tidak dipelajari lagi di sekolah seperti pelajaran PSPB (Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa) dan juga untuk menambah wawasan kita," ujar Dandim Gianyar di hadapan pelajar yang menonton di Makodim Gianyar. gus/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER