Wabup Mahayastra Buka Porsenides Sidan

  • 06 September 2017
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 2948 Pengunjung
istimewa

Gianyar, suaradewata - Pembukaan Pekan Olah Raga dan Seni (Porseni ) V Desa Sidan ditandai pemukulan kentongan oleh Wakil Bupati Gianyar, Made Agus Mahayastra didampingi Perbekel Sidan, Made Sukra Suyasa dan para Undangan di Open Stage Sidan, Selasa (5/9). Pembukaan Porsenides Sidan Berlangsung Semarak dan Semangat dengan penampilan tari Rejang Renteng dan Marching Band dari Universitas Warmadewa.  

Ketua Panitia, Nyoman Ratnawa menyampaikan Porsenides V ini melibatkan anak-anak sekolah dasar, Sekaa teruna teruni (STT), dan anggota PKK sebagai Peserta lomba. Untuk Tingkat SD dilombakan mesatwa, menyalin aksara latin ke aksara Bali, dan Lomba catur. Untuk tingkat STT dilombakan membuat penjor, busana adat ke pura, kuliner berbahan singkong yang notabene hasil dari usahatani masyarakat Desa Sidan, dan pertandingan bola Volly. Sementara untuk Ibu-ibu PKK dilombakan kuliner berbahan jagung yang juga merupakan hasil dari petani Desa sidan, dan juga diadakan lomba kebersihan lingkungan yang diikuti seluruh banjar se-Desa Sidan. Lomba Akan Berlangsung dari Tanggal 4 sampai dengan 21 September 2017.

Perbekel Sidan I Made Sukra Suyasa mengatakan bahwa Desa Sidan mempunyai potensi besar sebagai Desa Wisata apalagi Desa Sidan ditetapkan Sebagai Desa Cagar Budaya. Porseni Desa Sidan yang ke-5 tahun 2017 ini bertujuan untuk menggalang persatuan dan kesatuan krama Desa Sidan diantara PKK,  Sekeha Teruna Teruni se-Desa Sidan, sekolah dasar yang ada di Desa Sidan, Memupuk rasa Nasionalisme di kalangan Masyarakat Desa Sidan yang dalam suasana memperingati hari Kemerdekaan RI ke-72, meningkatkan kerjasama semua elemen masyarakat se-Desa Sidan serta memotivasi para STT dan PKK untuk meningkatkan kreatifitas. Porsenides kali ini mengambil tema "Melalui Olahraga dan Seni Kita Wujudkan Desa Sidan yang Shanti dan Harmonis".  

Wabup Agus Mahayastra mengatakan porseni merupakan tempat seniman menampilkan keseniannya dan tempat olahragawan menampilkan bakatnya karena tidak ada prestasi tanpa kompetisi, tidak ada prestasi tanpa pembinaan. Desa yang mampu melakukan pembinaan secara berkesinambungan yang akan mampu menguasai seni dan olahraga sehingga akan mampu bersaing ditingkat yang lebih tinggi. Wabup mahayastra menghimbau kepada seluruh Kepala Desa se-Kecamatan Gianyar untuk rutin mengadakan ajang Porsenides di tahun 2018 karena membangun desa tidak cukup dengan membangun infrastrukturnya kita harus membangun jiwa membangun raganya yaitu dengan secara teratur memberikan sentuhan bagaiman seni dan olahraga bisa berkembang di desa kita masing masing. Selain itu, menurut politisi PDIP asal Payangan itu mengatakan kegiatan porsenides sangat efektif sebagai ruang berekspresi bagi atlit dan seniman yang ada di desa. Dengan disupportnya kegiatan ini, jelas Ketua DPC PDIP yang kini menjadi Bakal Calon Bupati Gianyar ini generasi muda khususnya dapat diarahkan pada kegiatan yang positif serta semakin menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan pada Desa. “Saya berharap dengan tujuan mulia tersebut semua peserta dapat senantiasa menjungjung tinggi sportivitasnya dalam bertanding dan berlomba, sehingga tujuan akhir dari kegiatan Porsenides dapat mempererat dan menjaga kekompakan diantara semua komponen yang ada di desa”jelasnya. gus/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER