Parade Budaya Desa Pakraman Bedha, Layaknya PKB

  • 23 Juni 2017
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 4018 Pengunjung
suaradewata.com

Tabanansuaradewata.com - Pesta Kesenian  Bali (PKB) di Taman Budaya art center Denpasar memang tersohor diseantero jagat. Namun Parade Budaya yang ditampilkan Desa Pakraman Bedha tidak kalah serunya. Parade yang menampilkan kesenian dari 38 banjar adat serangkaian peringatan hut perak LPD Bedha itu belibatkan belasan ribu warga yang tumpah ruah ke wantilan desa pakraman bedha yang dimulai Jumat (23/6) hingga Minggu (25/6).

Bendesa Adat Bedha, Ir. I Nyoman Surata, MT menyampaikan parade budaya ini sekaligus untuk menumbuhkembangkan peran serta sekaa teruna untuk lebih aktif dan kreatif melakukan budaya secara terpadu. Hal ini sebagai upaya mencegah isu kebangsaan yang kerap muncul belakangan ini. "Ini merupakan cita cita besar kami bersama sejumlah tokoh masyarakat, yakni membuat ruang terbuka untuk mewadahi peran aktif generasi muda, dalam berkesenian," ucapnya. 
Pihaknya juga memberikan apresiasi besar kepada jajaran pengurus LPD Bedha yang berkontribusi besar untuk masyarakat. "LPD ajeg, desa pekraman lestari maka masyarakat desa pun sejahtera," ucapnya. 

Sementara Penggagas parade budaya sekaligus tokoh masyarakat, I Made Dirga menyampaikan kegiatan ini sejalan dengan pola pembangunan semesta berencana yang sedang dibangun oleh pemerintah daerah. Apalagi kebudayaan bagian dari ajaran Tri Sakti Bung Karno. 
"mengingat pentingnya kegiatan ini, paling tidak kedepan bisa ditiru oleh desa pekraman lainnya,"ujarnya 
Sementara itu ketua panitia parade budaya I Gede Nyoman Sugiarta melaporkan untuk rangkaian hut perak LPD Bedha diawali dengan parade kesenian yang diikuti 15 banjar atau sekaa teruna. Dilanjutkan sesi kedua hari Sabtu (24/6) diikuti 19 banjar. Tidak hanya itu, pihak panitia juga menyiapkan hiburan lainnya beruoa pagelaran musik pop bali dan parade gong kebyar. Disamping pula kunjungan ke sejumlah tokoh pendiri LPD dan penyerahan bantuan kepada KK Miskin. 

Sedangkan terkait perkembangan LPD Bedha diusianya ke 25 tahun, Ketua LPD Bedha I Made Sunarta, SE mengatakan semua tidak terlepas dari dukungan dan peran serta masyarakat. Apalagi LPD Bedha menjangkau seluruh masyarakat dari tiga kecamatan yakni Tabanan, Kediri dan Kerambitan, dengan total nasabah sampai bulan Juni ini mencapai 13 ribu lebih. gin/dev


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER